Bagi masyarakat kita acar yang umum terbuat dari mentimun yang sudah difermentasikan, merupakan salah satu menu yang sangat akrab di pesta-pesta pernikahan atau pada menu makanan khas nasi goreng.

Rasanya yang cukup bikin melek karena ada manis dan kecutnya, apalagi kalau ditambah dengan wortel, bawang sampai nanas. Tak jarang membuat acar jadi menu pendamping yang cukup favorit. Sayangnya secara kesehatan meski acar cukup mengunggah selera makan, ternyata punya efek yang cukup mengganggu kesehatan tubuh.

Hal tersebut diungkapkan oleh sejumlah pakar kesehatan yang melakukan penelitian khusus pada acar. Hasilnya acar bisa memicu gangguan tubuh. Benarkah? Apa saja efek yang bisa terjadi pada tubuh?

Acar Bisa Memicu Gangguan Tubuh oleh SegiEmpatBisa Memicu Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang tergolong serius. Pasalnya penyakit ini bisa menimbulkan efek yang fatal bagi tubuh. Nah, ternyata penyakit hipertensi dapat dipicu jika kita mengkonsumsi acar.

Pasalnya, meski acar terdiri dari sayuran tapi proses fermentasinya yang menggunakan gula dan garam dapat memicu hipertensi. Bahkan bukan hanya hipertensi, kandungan garamnya juga dapat memicu pembengkakan sampai retensi cairan.

Meningkatkan Risiko Kanker

Anda yang hobi makan acar di pesta-pesta kawinan atau bahkan pada menu-menu makanan khusus, sepertinya mulai sekarang Anda harus bisa mengurangi kebiasaan tersebut.

Secara mengejutkan, para pakar menemukan fakta kalau makan acar dapat memicu penyakit mengerikan yaitu kanker pada lambung. Hal tersebut dapat terjadi jika Anda mengkonsumsi acar khususnya yang ekstra pedas secara berlebihan.

Memicu Iritasi pada Ginjal

Mentimun, wortel, bawang merah, irisan cabe dan nanas dipadukan dengan gula dan garam memang merupakan menu yang sangat sulit untuk ditolak. Apalagi bahan-bahannya sendiri masih tergolong aman bagi tubuh.

Jika Anda beranggapan seperti itu, maka Anda salah. Dalam penelitiannya bahan-bahan acar sebenarnya tidak dapat dikonsumsi secara bersamaan. Bukan hanya karena punya kandungan yang berbeda tapi juga karena bahan-bahan tersebut dapat mengiritasi ginjal. Khususnya kalau dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Memicu Diare

Bahkan bukan hanya iritasi pada ginjal, acar juga dapat memicu diare. Hal tersebut karena acar bisa memicu gangguan pada pencernaan.

Memicu Perut Kembung

Acar mengandung natrium yang menjadi senyawa untuk proses fermentasinya. Nah, sadarkah Anda kalau natrium yang masuk secara berlebihan dapat memicu retensi cairan pada tubuh? Ya, hasil penelitian menemukan itu dan hal tersebut dapat memicu gangguan serius bukan hanya perut kembung.

Tapi Anda yang punya hobi mengkonsumsi acar tidak perlu jadi gusar karenanya. Menurut hasil penelitian, risiko gangguan kesehatan tersebut dapat terjadi jika Anda mengkonsumsi acar secara berlebihan. Jika dikonsumsi dengan jumlah yang wajar dan tidak setiap hari maka acar tetap aman untuk Anda konsumsi. Jadi pastikan Anda tidak memakannya secara berlebihan ya.

LEAVE A REPLY