Kafein boleh dibilang sebagai zat yang tidak bisa terlepas dari kehidupan banyak orang, khususnya bagi seorang pekerja. Anda yang sehari-hari sibuk beraktivitas, mungkin pernah atau bahkan sering diserang rasa kantuk dan susah konsentrasi saat memulai aktivitas. Disaat seperti inilah kafein yang terkandung dalam kopi seperti “dewa penyelamat”.

Faktanya kafein memang menjadi senyawa stimulan yang sangat populer, sama seperti Anda yang mungkin setiap hari tidak bisa beraktivitas tanpa kopi. Tapi karena kafein bisa sangat membantu Anda, Anda juga sebaiknya harus tahu fakta kafein yang tersimpan di dalamnya. Salah satu faktanya mungkin akan membuat Anda terkejut, apa saja? Berikut ulasannya.

5 Fakta Kafein oleh SegiEmpatKafein Ternyata Termasuk Drugs

Percaya atau tidak kafein merupakan zat stimulan yang bisa digolongkan sebagai drugs atau lebih tepatnya obat psikoaktif. Hanya saja para pakar menjelaskan kalau kafein memang tidak akan membuat seseorang dikuasai halusinasinya, namun kafein bisa mempengaruhi mental seseorang.

Mungkin hal ini langsung membuat Anda berpikir kalau kafein hanya tergolong sebagai obat psikoaktif yang ringan. Jangan salah meski hasil penelitian kafein memang masih aman untuk dikonsumsi, tapi kafein juga bisa membunuh Anda kalau dikonsumsi secara berlebihan.

Cara Kerja Kafein saat Masuk ke Tubuh

Setelah mengkonsumsi secangkir kopi, apa yang Anda rasakan setelahnya? Anda jadi lebih berenergi? Hal tersebut karena senyawa kafein saat masuk ke tubuh akan langsung bekerja pada sistem saraf. Bahkan dengan cepat kafein tidak hanya langsung membuat Anda waspada tapi juga menciptakan perubahan tertentu pada tubuh dan pikiran Anda.

Kafein Tidak Bisa Dihentikan Tiba-Tiba

Diluar sana, sebenarnya sudah ada beberapa kasus seseorang meninggal dunia setelah meminum kopi. Hal tersebut lantas mungkin membuat Anda ingin berhenti mengkonsumsi kafein. Memang jauh lebih baik jika Anda tidak mengkonsumsinya, tapi sebaiknya Anda tidak langsung berhenti tiba-tiba dan total, apalagi kalau Anda sudah terlanjur kecanduan. Pasalnya hal tersebut bisa membuat Anda seperti “orang gila” yang terus resah sepanjang hari.

Dosis Kafein

Membatasi asupan kafein adalah saran terbaik dari para pakar kesehatan, meski harus diakui kalau kafein juga punya manfaat tertentu untuk kita setelah mengkonsumsinya. Karena dosis yang berlebihan juga dapat membunuh Anda apalagi bagi Anda yang mengkonsumsinya dalam bentuk pil. Disarankan agar Anda hanya mengkonsumsi secangkir kopi dalam sehari, tidak lebih dari itu.

Kafein Tidak Harus Berhenti Dikonsumsi

Memang mengerikan kalau dilihat dari efeknya, hanya saja Anda yang termasuk penggemar kopi sebenarnya tidak dilarang untuk berhenti mengkonsumsinya. Apalagi faktanya efek kafein bisa membuat Anda jadi sangat gelisah kalau tidak mengkonsumsinya. Namun Anda sangat disarankan untuk membatasinya, dosis sehari secangkir kopi sudah cukup membantu Anda. Apalagi dari hasil penelitian faktanya mengkonsumsi secangkir kopi dalam sehari ternyata sangat efektif untuk mencegah masalah kesehatan. Mulai dari diabetes tipe 2, demensia, gangguan kardiovaskular sampai penyakit kanker.

LEAVE A REPLY