memulihkan cedera latihan dengan cepat oleh Kesehatan SegiEmpatMeskipun Anda telah melakukan berbagai persiapan saat akan latihan, tapi pasti akan ada resiko untuk mengalami cedera. Jika ternyata Anda mengalaminya, maka pasti Anda akan berusaha untuk memulihkan cedera latihan. Ada beberapa cara yang ampuh, efektif dan cepat untuk mengatasi cedera yang terjadi karena latihan.

Berikut ini adalah beberapa tips memulihkan cedera latihan dengan cepat:

  • Melakukan Peregangan Otot

Apapun latihannya, pasti akan tetap membutuhkan yang namanya peregangan otot. Hal ini sebaiknya Anda lakukan agar otot tidak tegang dan tetap lentur ketika melakukan berbagai gerakan dan latihan. Dengan begini, maka Anda bisa menurunkan resiko terjadinya cedera.

  • Memberi Pijatan pada Otot

Cara lain yang bisa membantu Anda untuk mengatasi cedera dan kekakuan otot adalah dengan melakukan pijatan. Cara ini akan membuat tubuh Anda menjadi lebih segar dan bugar. Tidak hanya itu, pijatan juga akan membantu Anda untuk memperlancar peredaran darah serta membuat proses pemulihan lebih cepat.

  • Membagi Waktu untuk Latihan dan Istirahat

Ingatlah bahwa tubuh Anda melakukan pekerjaan yang berat saat latihan. Oleh karena itu untuk memulihkan tubuh dari kelelahan, sebaiknya Anda beristirahat selama beberapa hari. Namun beristirahat tidak berarti kalau Anda betul-betul berdiam diri. Sebainya Anda mengurangi jumlah latihan melakukan latihan yang tidak terlalu berat.

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat

Cara lain untuk mempercepat pemulihan adalah mengkonsumsi makanan yang sehat. Sebaiknya nda mengkonsumsi makanan yang bisa mencukupi kebutuhan protein, nutrisi dan bisa menghidrasi tubuh dengan baik. Sebaliknya, hindari makanan yang asin, sulit dicerna serta berlemak karena akan membuat Anda merasa tidak berenergi dan lesu.

  • Mendapatkan Tidur Nyenyak yang Cukup

Tidur adalah cara terbaik dan tercepat untuk memulihkan kesehatan atau cedera dalam tubuh. Oleh karena itu pastikan kalau Anda mendapatkan tidur yang nyenyak dan cukup setiap malamnya. Selain itu, mendapatkan tidur yang cukup juga akan membantu Anda untuk meningkatkan suasana hati, mengurangi peradangan, menyeimbangkan hormon, memfokuskan pikiran dan mengurangi stres. Oleh karena itu pastikan kalau Anda selalu tidur tepat waktu setiap malamnya dan usahakan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

LEAVE A REPLY