memilih suplemen untuk latihan beban oleh Kesehatan SegiEmpatDemi mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan, seringkali seseorang meningkatkan intensitas latihannya. Namun seringkali pula mereka tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Hal ini biasanya terjadi karena Anda tidak mengkonsumsi suplemen. Namun Anda juga tidak boleh sembarangan ketika memilih suplemen untuk latihan beban, karena hal tersebut justru akan membahayakan Anda.

Berikut ini adalah tips memilih suplemen untuk latihan beban:

  • Jangka Waktu 30 hingga 60 Menit Sebelum Latihan

Ketika Anda akan latihan sebaiknya Anda mengkonsumsi suplemen yang mengandung glutamine dan arginin sebanyak 3 hingga 5 gram. Hasil penelitian menemukan bahwa suplemen yang mengandung argini akan memperlancar aliran dalam di dalam serat totot sehingga otot akan mendapatkan lebih banyak glukosa, oksigen, hormon anabolik dan glukosa.

Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung glutamine saat perut sedang kosong atau 1 hingga 2 jam setelah makan. Suplemen ini akan meningkatkan energi dalam otak serta memproduksi bikarbonat  sehingga dapat mencegah peningkatan kadar asam ketika suhu tubuh naik. Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah kelelahan ketika latihan.

  • Jangka Waktu Dibawah 30 Menit Sebelum Latihan

Setelah 30 menit, Anda bisa kembali mengkonsumsi suplemen yang mengandung protein. Setelah itu, Anda bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung creatin, yang akan membantu Anda untuk meningatkan ukuran sel otot. Suplemen ini akan membantu menjaga agar otot tidak mudah rusak ketika Anda telah selesai latihan.

Whey protein ini adalah sumber amino yang akan membantu Anda untuk diserap dengan cepat oleh otot ketika Anda sedang latihan. Sedangkan creatine akan meningkatkan pasokan tenaga untuk otot ketika Anda sedang melakukan latihan.

Tidak hanya itu, Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi asupan karbohidrat yang bisa lambat diserap oleh tubuh. Anda bisa mengkonsumsi 2 cangkir oatmeal dan roti gandum untuk menjaga agar kadar insulin tetap rendah saat Anda latihan. Tidak hanya itu, hal ini juga akan membantu Anda untuk membakar lebih banyak lemak saat beristirahat.

  • Jangka Wakut 30 hingga 60 Menit Setelah Latihan

Anda masih harus mengkonsumsi suplemen setelah latihan. Beberapa suplemen yang disarankan adalah creatine dan whey protein. Creatin adalah antioksidan yang akan membantu untuk mempercepat proses pemulihan serta mengurangi resiko terjadinya kerusakan otot karena latihan beban. Selain itu, sebaiknya Anda juga mengkonsumsi karbohidrat yang bisa diserap dan dicerna dengan mudah sehingga bisa menjadi sumber tenaga bagi otot dan mengikat hormon kortisol anabolik.

LEAVE A REPLY