hormon untuk latihan oleh Kesehatan SegiEmpatAgar metabolisme tubuh bisa berjalan dengan baik, maka tubuh akan memproduksi hormon. Hormon inilah yang kemudian akan menuju ke seluruh jaringan sel melalui darah sehingga bisa memberikan efek kepada tubuh sesuai dengan fungsinya.

Salah satu kegiatan yang membutuhkan hormon adalah latihan. Tidak hanya dibutuhkan, hormon ini juga bisa meningkatkan performa latihan. Selain itu, hormon juga bisa menjadi penanda jenis kelamin seseorang. Berikut ini adalah hormon yang dibutuhkan saat latihan:

  • Testosteron

Anda mungkin lebih mengenal hormon ini sebagai hormon seks. Namun ternyata hormon ini juga berperan dalam pembakaran lemak dalam tubuh serta pembentukan otot. Hormon ini akan membuat Anda menjadi lebih bersemangat saat berolahraga. Tidak hanya itu, hormon ini juga akan menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Seseorang yang memiliki tingkat hormon testosteron yang rendah biasanya akan lebih mudah merasa lelah, sering cemas, berkurang kepadatan tulangnya dan memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena penyakit jantung.

Salah satu cara untuk meningkatkan produksi hormon ini adalah dengan membuat tubuh lebih aktif daripada biasanya. Adapun cara untuk meningkatkan aktivitas tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi serta rutin berolahraga. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung testosteron sehingga akan meningkatkan pertumbuhan massa otot.

  • Hormon Pertumbuhan

Hormon pertumbuhan atau human growth hormon memiliki fungsi yang mirip dengan hormon testosteron. Hormon ini juga bermanfaat untuk menurunkan jumlah lemak dalam tubuh serta menaikkan massa otot. Tidak hanya itu, hormon yang diproduksi saat Anda itdur ini akan meningkatkan suasana hati serta memberikan lebih banyak tenanga.

Anda harus rutin berolahraga untuk menjaga kestabilan hormon ini. Dan ketika Anda mendapatkan kualitas tidur yang buruk, sering begadang dan stres, maka jumlah hormon ini akan menurun sehingga Anda tidak bisa mendapatkan manfaatnya.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan menurunnya kualitas human growth hormon ini seperti masalah kelebihan berat badan dan pertambahan usia. Untuk mengatasi hal itu, sebaiknya Anda rutin berolahraga. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen yang bisa menjaga kestabilan kadar hormon ini.

LEAVE A REPLY