Home » Kehamilan » Pengetahuan Kehamilan » Cara Agar Ibu Hamil Bisa Melahirkan Normal

Cara Agar Ibu Hamil Bisa Melahirkan Normal


agar bisa melahirkan normal oleh Hamil SegiEmpatMelahirkan normal adalah hal yang paling diimpikan bagi para ibu hamil. Mengingat persalinan adalah saat yang paling menegangkan bagi ibu hamil. Proses persalinan normal menjadi sangat menegangkan karena banyak ibu yang merasa cemas dan khawatir ketika membayangkan rasa sakit saat bersalin.

Hal inilah yang membuat banyak ibu hamil lebih memilih untuk melakukan operasi caesar saat akan melahirkan. Meskipun operasi caesar tidak menimbulkan rasa sakit saat melahirkan, tapi proses pemulihannya lebih lama daripada persalinan normal. Selain itu, operasi caesar juga akan dilakukan jika kehamilan atau janinnya mengalami masalah.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bisa melahirkan normal :

  • Menjaga Berat Badan untuk Melahirkan Normal

Seorang wanita hamil haruslah selalu menjaga berat badannya agar bisa melahirkan normal. Hal ini terkait dengan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin. Pertambahan berat badan memang akan terjadi selama kehamilan dan normalnya sebanyak 12 hingga 15 kg. Namun jika terlalu tinggi, maka ibu hamil akan sulit untuk melakukan persalinan secara normal.

  • Ikut Kelas Ibu Hamil

Hal lain yang harus dilakukan ibu hamil untuk bisa melakukan persalinan normal adalah dengan mengikuti kelas hamil. Dari sini, ibu hamil bisa belajar tentang cara menjaga kesahatan, mengatasi keluhan, perawatan yang harus dilakukan dan hal-hal yang harus dilakukan setelah persalinan. Dengan begini, ibu hamil bisa lebih tenang dan bisa meredakan kecemasan menghadapi persalinan normal.

  • Merilekskan Diri

Banyak hal yang bisa dilakukan seorang ibu hamil untuk lebih rileks seperti main-main air di kolam renang, mengompres wajah dengan air panas, meditasi, mengatur napas, jalan-jalan dan mendengarkan musik. Dengan rileks, maka ibu hamil akan lebih mudah dan tenang saat akan melakukan persalinan normal.

  • Melakukan Gerakan Agar Bisa Melakukan Persalinan Normal

Ada beberapa gerakan yang bisa membantu seorang wanita untuk bisa bersalin normal seperti sujud atau naik turun tangga. Hal ini akan membuat janin lebih mudah untuk berada pada posisi kelahirannya. Namun sebaiknya ibu hamil juga memperhatikan intensitasnya.

  • Mempersiapkan Energi Ekstra

Ingatlah bahwa Anda butuh tenaga yang lebih banyak saat akan melakukan persalinan normal. Oleh karena itu, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan. Dengan begini, maka Anda bisa mendapatkan berat badan yang tetap ideal namun tetap memiliki energi tambahan saat akan melahirkan.

  • Pemilihan Tenaga Medis

Ada baiknya jika Anda tetap mencari tenaga medis yang bisa membantu Anda untuk bisa melahirkan secara normal seperti bidan atau dokter kandungan. Meskipun kemudian ada banyak hal yang menentukan proses persalinan. Tapi setidaknya bantuan dari tenaga medis bisa memberi Anda beberapa pilihan untuk persalinan.

* * * * *

TIPS FAVORIT PILIHAN PEMBACA:
Bagaimana Cara "Menghipnotis" Wanita Idaman Anda?
Klik Di sini Untuk Mengetahui Caranya

Tentang S. Gelmani Rabiah

Seorang wanita yang senang membaca, traveling, main game dan bela diri. Sangat suka dengan sesuatu yang rumit dan menantang. Anda dapat membaca profil selengkapnya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>