Tips Perawatan Bayi Terkena Cacar Air 1 oleh segiempatPenyakit cacar memiliki banyak jenis, yang disebabkan oleh infeksi virus. Namun, untuk bayi biasanya jenis cacar yang paling banyak dialami adalah jenis cacar air. Cacar jenis ini biasanya tidak bisa diobati dengan dengan antibiotik, dan akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika terjadi komplikasi maka cacar air juga dapat berakibat berbahaya bagi anak Anda. Nah, di bawah ini ada beberapa tips dalam merawat bayi yang terkena cacar air ringan.

– Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan parasetamol, sebagai obat untuk membantu dalam menurunkan suhu serta meringankan rasa sakit dan juga nyeri yang biasa dirasakan saat terkena cacar air. Pemberian obat perasetamol ini sebaiknya untuk bayi yang berusia di atas 2 bulanan saja. Pilihlah jenis obat parasetamol khusus bayi agar memenuhi dosis khusus bayi. Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk masalah dosis parasetamol ini. Ada juga yang bisa Anda gunakan lainnya selain parasetamol yaitu ibuprofen. Ibuprofen ini biasanya diberikan kepada bayi yang alergi terhadap parasetamol. Dosis pemberian ibuprofen ini pun harus sesuai dengan anjuran para dokter.

– Penuhi kebutuhan cairan harian untuk anak Anda, agar tidak mengalami dehidrasi saat menderita cacar. Cairan yang terbaik yang bisa Anda berikan pada bayi Anda adalah ASI. Kandungan yang ada di dalam ASI ini bukan hanya berupa cairan saja, melainkan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sebagai asupan makanan sehari – harinya. Dengan asupan ASI yang bergizi dan bernutrisi tinggi ini, maka tingkat kekebalan tubuh bayi pun nantinya bisa meningkat, sehingga cacar air bisa cepat reda.

– Dampak dari cacar air ini bukan hanya demam saja pada bayi, melainkan rasa gatal yang tak tertahankan pula. Untuk mengatasi rasa gatal yang berlebih pada bayi yang terkena cacar air ini, makan para Bunda bisa menggunakan lotion dengan kandungan kalamin. Para ahli juga menyarankan antihistamin chlorophenamine untuk bayi yang telah berusia di atas 1 tahun, agar anak Anda dapat tidur nyenyak di malam hari, tanpa harus terganggu karena rasa gatal tersebut.

– Perhatikan kuku pada jari tangan anak Anda. Pastikan kukunya tetap pendek agar tidak menambah kerusakan kulit yang digaruknya. Menggaruk cacar akan meninggalkan bekas berbintik karena infeksi pada kulit bayi.

– Pilih pakaian yang agak longgar untuk dikenakan pada bayi Anda. Kulit bayi yang sedang terkena cacar ini haruslah tetap kering, dan terhindar dari keringat. Jika kulit bayi selalu berkeringat maka rasa gatal akan sangat terasa di kulit bayi Anda. Untuk itu pakaian yang longgar dengan bahan katun sangat baik Anda berikan pada bayi Anda untuk dikenakan.

– Memandinkan bayi yang terkena cacar biasanya menjadi pantangan bagi para Bunda. Karena menurutnya akan memperparah cacar tersebut. Anda tidak perlu khawatir untuk memandikan bayi yang terkena cacar air. Anda bisa menggunakan sabun anti septik agar rasa gatal pada kulit bayi Anda bisa dikurangi.

– Cacar air denga bitnik yang berwarna merah biasanya sudah terinfeksi dengan kuman juga. Hal ini juga dapat menimbulkan pembengkakan serta nanah dan anak Anda terserang demam yang tinggi, sakit kepala, dan juga muntah. Jika ini terjadi pada anak Anda maka sebaiknya segera menggunakan bantuan dokter ahli untuk menanganinya.

Dengan teknologi pengobatan masa kini, cacar ini sudah dapat diatasi sejak dini dengan pemberian vaksin sejak lahir. Sehingga anak Anda akan terhindar dari cacar seumur hidup.

LEAVE A REPLY