Perkembangan Bayi 8 Bulan oleh SegiEmpatTak terasa buah hati Anda sekarang ini telah berusia 8 bulan, apa yang mulai dilakukan bayi Anda? Usia 8 bulan, bayi Anda memang semakin aktif bahkan pertumbuhannya yang pesat juga akan diikuti dengan kemampuan motoriknya yang semakin baik. Nah, sebagai orangtua sangat penting agar Anda memahami dengan baik perkembangan bayi 8 bulan agar Anda bisa memberikan perhatian dan rasa aman pada buah hati Anda.

Seperti apa perkembangan bayi Anda saat berusia 8 bulan?

Duduk, Merangkak dan Belajar Berdiri

Setelah memalui usia 7 bulan dimana ia mulai belajar duduk, kini kemampuan gerak tubuhnya akan semakin meningkat. Di usia 8 bulan kini bayi Anda tidak lagi sekedar duduk, tapi ia mulai belajar menggerakkan tubuhnya dengan lebih bebas. Di usia ini bayi Anda sudah mulai belajar merangkak tidak hanya di satu tempat tapi ia akan belajar membawa tubuhnya ke berbagai penjuru rumah. Bahkan jangan kaget saat Anda mulai belajar mengangkat tubuhnya ke atas dan bertumpu pada kedua kakinya untuk berdiri dengan memegang benda agar aia tidak jatuh.

Penglihatannya Semakin Berkembang

Penglihatan buah hati Anda di usia 8 bulan sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Bahkan penglihatannya sudah hampir setara dengan orang dewasa. Hal ini akan membantunya mengenali Anda dan juga objek-objek yang ada di sekitarnya.

Belajar Menggunakan Jari

Perkembangan Bayi 8 Bulan oleh SegiEmpatJika di usia 7 bulan bayi Anda mulai belajar memegang, di usia 8 bulan bayi Anda akan mengembangkan kemampuan tangan dan jari-jarinya. Di usia ini bayi Anda mulai belajar menggunakan jarinya, ia akan menggunakan jari telunjuknya saat menunjuk sesuatu. Bahkan ia akan menggunakan dua jarinya untuk menjepit sesuatu.

Mengeksplorasi Benda Tertentu

Penglihatannya dan kemampuan tangannya yang semakin berkembang akan membuat bayi Anda semakin mengeksplorasi sesuatu. Tidak hanya akan mengeksplorasi setiap bagian rumah tapi ia juga akan mengeksplorasi setiap benda yang ia temui. Ia akan mulai sering memegang, mengguncang, melempar dan menjatuhkan benda-benda yang ia temui. Hal ini menjadi bagian alami untuk mengenal lebih baik terhadap benda-benda yang ada di sekitarnya.

Semakin Emosional

Emosi bayi Anda di usia 8 bulan juga akan semakin terlihat bahkan dia tidak hanya akan menangis saat tidak melihat Anda, tapi ia sudah mulai belajar trik-trik tertentu untuk mendapatkan perhatian Anda atau bahkan mulai belajar mengekspresikan emosi yang ia rasakan. Misalnya, ia mungkin akan menangis saat melihat seseorang menangis di dekatnya.

8 bulan menjadi usia yang sangat aktif bagi bayi Anda, ia akan melakukan banyak hal karena rasa penasarannya dan pembelajaran gerak motoriknya. Nah, untuk itu pastikan Anda bisa benar-benar memberikan rasa aman dan melindunginya dari semua hal yang membahayakan buah hati Anda.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY