Perkembangan Bayi 7 Bulan oleh SegiEmpatPastinya perkembangan si buah hati menjadi hal yang sangat membahagiakan, apalagi saat para Ibu dan Ayah melihat si buah hatinya tumbuh dan berkembang dengan baik.

Setelah terlahir bayi memang akan mengalami pertumbuhan dengan pesat, begitu pula dengan perkembangan motoriknya, perasaannya hingga pengenalannya terhadap sesuatu. Sebagai orangtua tentu Anda harus bisa mengenali dengan baik pertumbuhan buah hati Anda, seperti apa perkembangan bayi 7 bulan?

Tumbuh Gigi

Usia 7 bulan menjadi usia pertumbuhan giginya, dalam kondisi seperti ini Anda akan mungkin selalu menemukan lendirnya yang keluar dari mulut yang biasanya diiringi dengan suhu tubuh yang meningkat. Anda tidak perlu kaget jika bayi Anda mengalaminya karena pertumbuhan gigi memang kadang menimbulkan efek tertentu pada buah hati Anda.

Belajar Duduk

Di usia 7 bulan bayi Anda kini sudah tidak lagi menghabiskan waktunya untuk berbaring dan terlentang di tempat tidur. Tubuhnya yang semakin kuat akan membuatnya mulai bergerak lebih banyak. Di usia ini bayi Anda sudah mulai belajar duduk, bahkan ia kini tidak lagi membutuhkan kedua tangannya untuk menjaga keseimbangannya. Jangan heran jika Anda melihat bayi Anda tiba-tiba bangun dan duduk dengan sendirinya.

Mulai Belajar Memegang

Saat berusia 7 bulan bayi mengalami peningkatan kemampuan motorik yang luar biasa, ia tidak hanya mampu menopang lehernya dengan baik tapi juga tubuhnya. Tangannya yang sudah mampu bergerak bebas membuatnya mulai menyentuh berbagai benda yang ada di sekitarnya. Bahkan, bayi Anda sudah bisa memegang benda dan memindahkannya dari satu sisi ke sisi lainnya, jangan heran jika ia perlahan sudah bisa memegang sebuah gelas dengan kedua tangannya.

Belajar Bereksplorasi

Kemampuan motoriknya yang meningkat pesat juga akan diikuti dengan rasa penasarannya yang tinggi. Di usia ini bayi Anda semakin penasaran dengan benda-benda yang ada di sekitarnya, ia sangat ingin menyentuh dan menggenggam benda apapun yang ia lihat. Bahkan ia mungkin akan melemparkan benda-benda tertentu ke wajahnya atau wajah Anda.

Belajar Mengenal

Perkembangan Bayi 7 Bulan oleh SegiEmpatKinerja otak buah hati Anda di usia 7 bulan juga akan mengalami peningkatan. Di usia ini bayi Anda sudah mulai mengenal orang-orang yang ada di sekitarnya begitu juga dengan benda disekitarnya. Ia mulai mengenali suara dan perubahan-perubahan suara.

Mulai Emosional

Pengenalannya yang mulai meningkat dan yang diikuti dengan sisi emosionalnya juga akan membuat buah hati Anda jadi emosional apalagi saat Anda tidak berada di dekatnya. Di usia 7 bulan bayi Anda akan menangis saat benda yang ia pegang diambil atau saat ia sadar orangtuanya tidak berada disekitarnya, begitu pula saat Anda tidak tidur dengannya.

Belajar Memahami sebuah Objek

Tingkat pemahaman bayi di usia ini juga akan mengalami perkembangan. Ia tidak hanya sudah mulai memahami orangtuanya tapi juga sudah mulai memahami kaitan antara dua objek. Coba perhatikan saat ia sedang bermain, apakah ia sudah bisa menyusun mainan yang Anda berikan?

Saat bayi berusia 7 bulan ia mengalami banyak perkembangan, sebagai orangtua Anda pun harus berperan untuk membantu perkembangannya. Berikan dorongan saat ia tidak bisa mendapatkan apa yang ia inginkan, atau mendorongnya berusaha saat ia kesulitan untuk duduk. Satu lagi, saat ia bereksplorasi pastikan Anda mengamankan benda-benda berbahaya disekitarnya.

LEAVE A REPLY