Obat Alami untuk Atasi Batuk Pilek Bayi oleh segiempatBatuk pilek merupakan jenis gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh infeksi dari kuman atau bakteri yang dapat dialami oleh siapapun, dan bahkan bayi sekalipun. Banyak Bunda yang mungkin merasa bingung bagaimana cara mengatasi batuk pilek yang dialami oleh bayinya ini yang masih berusia di bawah 1 tahunan. Pasalnya, bayi memiliki kondisi tubuh yang masih sangat rentan lemah dan jika terserang penyakit maka akan terlihat sangat lemah lagi tentunya. Untuk itu, para Bunda bisa menggunakan beberapa jenis obat alami di bawah ini untuk bisa mengatasi batuk pilek yang mengganggu pada bayi Anda.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat merupakan cara terbaik untuk Anda yang mengalami sakit seperti batuk pilek, dan tidak terkecuali untuk bayi dan juga anak – anak. Dengan memberikan waktu istirahat yang cukup maka bayi Ana akan memiliki waktu yang tenang sehingga dapat melawan infeksi yang ada dalam tubuhnya. Tempat yang nyaman juga tenang sangat baik untuk tempat beristirahat bayi Anda, dan tetap awasi dan kontrol agar tidak ada gangguan.

  1. Memberikan udara yang beruap

Mandi uap atau air hangat yang beruap tapi tidak panas sangat baik untuk mengatasi batuk pilek apalagi sampai hidung bayi tersumbat. Untuk membuat udara beruap ini, maka yang perlu Anda gunakan adalah air panas mendidih. Kemudian tutup pintu kamar mandi Anda, agar uap dari air panas tersebut tidak keluar dan hanya berada dalam kamar mandi saja. Kemudian Anda bisa memandikan bayi Anda dengan air hangat dalam ruangan beruap tersebut. Mandi air hangat dalam ruangan udara yang beruap ini dapat membuat lendir pada bayi encer.

  1. Menggosok minyak bayi atau kayu putih sebelum tidur

Sekarang ini sudah banyak minyak untuk bayi yang bisa digunakan dalam menggosok tubuhnya agar tetap hangat. Minyak kayu putih salah satu contoh yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Cara ini bisa Anda lakukan setelah mandi atau sebelum bayi tidur atau istirahat. Dengan cara ini maka batuk pilek pada bayi yang mengganggu saat istirahat bisa dikurangi. Gosokkan minyak tersebut pada bagian punggung, leher, serta perut hingga ke bagian dada.

  1. Memberikan air putih yang cukup

Air putih bisa Anda berikan pada bayi yang telah berusia 6 bulan ke atas. Dengan memberikan cairan yang cukup dapat membuat hidung dari bayi Anda lega dan terhindar dari dehidrasi yang biasanya dialami oleh penderita batuk pilek ini. Jumlah asupan ASI juga harus selalu terpenuhi untuk bayi Anda.

  1. Berikan madu

Madu ini dapat diberikan kepada bayi yang telah berusia di atas 12 bulan. Madu merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu bayi dalam meringankan batuk pilek yang dialaminya. Madu ini pun bahkan dibuat dalam kandungan obat atau vitamin khusus untuk bayi yang sakit.

Nah, itulah tadi beberapa jenis obat tradisional atau alami yang bisa Anda berikan pada bayi yang terserang batuk pilek. Tapi, pastikan Anda sesuaikan dengan usia bayi Anda untuk memberikan pengobatan tradisional tersebut. ASI adalah salah satu jenis obat alami yang bisa dikonsumsi oleh bayi, selama ASI yang dihasilkan dari Bunda berkualitas baik. Untuk itu Anda bisa membaca artikel Saya sebelumnya tentang “cara meningkatkan kaulitas ASI”.

LEAVE A REPLY