Makanan Untuk Bayi yang Tumbuh Gigi oleh segiempatBayi yang sedang tumbuh merupakan sebuah tahapan pertumbuhan yang akan dirasakan oleh semua bayi dan pasti akan menyakitkan. Bayi yang pertama tumbuh gigi ini biasanya berusia minimal 6 bulan. Bayi akan merasakan pada gusi yang akan ditumbuhi gigi tersebut, dan hal itu tentunya akan mempengaruhi nafsu makan pada bayi, karena kesulitan dalam mengunyah makanan. Untuk itu, dengan artikel makanan untuk bayi yang sedang tumbuh gigi ini, maka masalah bayi susah makan karena tumbuh gigi tersebut mungkin bisa Anda atasi dengan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizinya.

– Mentimun

Jenis makanan yang satu ini termasuk dalam jenis sayuran dan juga buah – buahan. Mentimun merupakan stimulant yang dapat membantu meringankan rasa sakit pada gusi yang dirasakan bayi saat memasuki fase tumbuh gigi. Daging mentimun yang segar dapat membuat gusi dari bayi yang sakit tidak merasakan rasa sakitnya.

– Pisang

Pisang memiliki tekstur yang lunak dan juga memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi dan juga termasuk dalam daftar makanan bergizi yang harus diberikan kepada bayi. Dengan teksturnya yang lunak tersebut, tentunya pisang ini dapat dengan mudah untuk dikunyah oleh bayi saat bayi kelaparan, dan tidak merasakan sakit saat mengkonsumsi buah pisang ini. Buah pisang ini juga mengandung 3 jenis gula alami yang baik untuk pertumbuhan bayi yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa dengan kombinasi serat, yang berefek memperlancar proses pembuangan pada bayi.

– Alpukat

Daging buah alpukat juga termasuk lunak seperti pisang. Daging buah dari alpukat ini dapat meringankan rasa sakit pada gusi bayi yang tumbuh gigi. Vitamin A dan kalsium yang dikandung pada buah alpukat ini membuatnya lebih penuh gizi saat dikonsumsi. Anda dapat memberikan kepada bayi buah alpukat dalam berbagai macam olahan yaitu krim atau pun jus agar lebih menarik untuk bayi konsumsi.

– Ayam

Rasa ayam yang gurih pasti sangatlah disukai anak – anak, sehingga dapat merangsang nafsu makan anak – anak yang sulit makan saat tumbuh gigi ini. Cobalah berikan anak Anda makanan dengan olahan ayam sehingga dapat menggugah selera makannya.

– Wortel

Rasa wortel yang manis dan kenyal biasanya banyak disukai oleh para bayi. Dengan mengunyah wortel ini para bayi juga diringankan rasa sakitnya saat mengalami tumbuh gigi. Selain itu vitamin yang terkandung dalam buah wortel ini baik untuk mata anak – anak.

– Keju

Keju dengan teksturnya yang lunak dan kenyal dapat diberikan pada bayi sedang tumbuh gigi. Teksturnya tersebut dapat membuat rasa sakit pada gusi bayi tidak dirasakan. Potonglah keju tersebut dalam bentuk dadu dan berikan pada bayi Anda untuk dikonsumsi.

Itulah tadi beberapa jenis makanan yang baik diberikan pada bayi Anda sedang tumbuh gigi. Tapi, jika anak masih sulit untuk makan walaupun sudah tumbuh gigi, maka silahkan baca artikel Saya sebelumnya yang berjudul “mengatasi anak malas makan”. Jika rasa sakit pada gusi anak Anda berkelanjutan dalam waktu lama, maka silahkan periksakan ke dokter untuk penanganan medis yang lebih baik.

LEAVE A REPLY