Melihat canda tawa si buah hati dan bergerak aktif menjadi dua hal yang sangat membahagiakan bagi para orangtua. Pastinya Anda merasa sangat bahagia dengan tumbuh kembang anak Anda yang sehat dan lincah. Namun mungkin Anda tidak seberuntung seperti beberapa Ibu lainnya yang justru tertunduk lesu dengan kondisi si buah hatinya yang mengalami kekurangan gizi.

Anak Kurang Gizi oleh SegiEmpatMasalah kekurangan gizi pada anak kini menjadi masalah yang sangat menyita perhatian. Pasalnya, sampai sekarang ini disejumlah Negara masih anak-anak yang kekurangan gizi, padahal seperti yang kita tahu gizi merupakan substansi organik yang sangat dibutuhkan organ-organ dan sistem tubuh agar bisa berfungsi normal termasuk pula dalam pemeliharaan kesehatan. Dengan kata lain, gizi bagi anak merupakan penunjang pertumbuhannya dan juga kesehatan tubuhnya. Bisa Anda bayangkan bukan jika tubuh kekurangan gizi? Jangankan sehat, beraktivitas pun sepertinya tidak dapat berjalan dengan baik.

Apa yang menyebabkan anak kekurangan gizi? Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat membuat anak kurang gizi, antara lain:

  • Jarak kelahiran
  • Pertumbuhan anak
  • Lingkungan yang kurang bersih
  • Kurangnya pengetahuan orangtua
  • Faktor ekonomi

Mencegah Kekurangan Gizi pada Anak

Pastinya Anda tidak mau buah hati Anda kekurangan gizi bukan? Sebagai orangtua tentu Anda punya peran penting untuk mencegah berbagai masalah yang membahayakan anak Anda termasuk gizinya. Mencegah anak kurang gizi sebenarnya tidak sulit bunda.

Selama ini para pakar selalu menyarankan agar setiap orangtua khususnya Ibu memberikan ASI eksklusif pada buah hatinya. ASI eksklusif yaitu dengan memberikan ASI tanpa makanan pendamping sampai usianya 6 bulan merupakan cara pencegahan terbaik dari bahaya kurang gizi pada anak. Memberikan menu makanan yang seimbang seperti makanan berprotein, vitamin, mineral dan lemak juga sangat penting agar kebutuhan gizi anak tetap terpenuhi. Selain itu demi mencegah kekurangan gizi pada buah hati Anda juga wajib untuk terus memantau perkembangan gizi buah hati Anda salah satunya adalah dengan memantau gizi anak dengan Kartu Menuju Sehat (KMS).

Mengatasi Anak Kurang Gizi

Anak Kurang Gizi oleh SegiEmpatSebagai manusia meski kita punya harapan tinggi kita juga kadang tidak bisa luput dari kesalahan. Kadang karena kurangnya kesadaran dan perhatian terhadap kebutuhan gizi anak kita jadi merugikan anak kita sendiri. Tidak perlu khawatir Bunda, jika anak Anda kekurangan gizi Anda masih punya jalan keluar untuk mengatasinya. Tapi seperti apa tanda-tandanya saat anak kekurangan gizi? Jika buah hati Anda kekurangan gizi Anda bisa memperhatikan beberapa tanda, antara lain:

  • Berat badannya hanya sekitar 80 persen dari berat badan yang normal di usianya
  • Wajahnya memucat
  • Rambutnya berubah kemerah-merahan
  • Pembengkakan pada kaki
  • Rambutnya mudah tercabut
  • Kornea matanya mengalami kekeringan
  • Infeksi
  • Anemia
  • Diare
  • Dan masih banyak lagi

Saat kekurangan gizi cara terbaik adalah memeriksakan anak ke dokter untuk mengobati penyakit yang mungkin ia alami karena kekurangan gizi sambil menjalani perbaikan gizi dari dokter. Setelah buah hati Anda dinyatakan membaik Anda tetap harus memberikannya perhatian, jika usianya masih memungkinkan untuk di beri ASI Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk melakukannya. Selain itu yang paling penting adalah memberikannya makanan yang berprotein dan makanan yang mengandung nutrisi, vitamin dan mineral untuknya. Satu lagi, Anda juga wajib memberikannya kasih sayang yang penuh dalam bentuk dukungan dan sentuhan fisik yang penuh dengan kasih sayang. Bunda, perhatian dan kasih sayang dari orangtuanya adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi kekurangan gizi pada buah hati.

Sangat penting untuk memperhatikan asupan gizi pada anak sebelemu terlambat ya Bunda.

LEAVE A REPLY