8 Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak 1 oleh segiempatOtak merupakan sumber dari segala organ yang bekerja pada tubuh manusia. Jika otak tidak bekerja dengan baik, maka tentunya tubuh juga akan sulit bekerja. Fungsi otak pada anak ini haruslah dijaga sejak masih dalam janin dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi pada ibu hamil. Dan, setelah bayi lahir maka Anda bisa melanjutkannya dengan memberi anak Anda makanan yang baik untuk tumbuh kembang otaknya. Nah, di bawah ini Saya telah menuliskan 8 jenis makanan yang baik untuk mencerdaskan otak anak Anda. Simak selengkapnya di bawah ini.

  1. susu

Susu seperti yang kita ketahui banyak sekali mengandung berbagai kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak serta kecerdasan otaknya. Anak – anak yang mendapatkan ASI ekslusif dan tetap mengkonsumsi susu hingga dewasa maka perkembangan jaringan otak dan neurotransmitternya akan lebih baik. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kecerdasan otak anak Anda. Olahan susu seperti yoghurt dan juga keju bisa Anda berikan kepada buah hati Anda.

  1. Beri-berian

Jenis buah-buahan beri juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan kecerdasan dari anak Andak. Buah beri seperti strawberry, raspberry, blueberry dan beri lainnya banyak mengandung nutrisi yang penting dalam perkembangan otak. Manfaat dari buah beri ini lebih khusus kepada daya ingat dari anak. Biji buah beri ini juga banyak mengandung omega 3 yang memang sebagai nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang otak anak.

  1. Telur

Fungsi telur dalam perkembangan otak anak bisa menambah produksi sel induk memori pada otak. Tapi, mengkonsumsi telur juga jangan terlalu berlebihan kepada anak, cukup 1 butir perhari saja. Pasalnya, telur juga mengandung kalori yang kolesterol yang tinggi, sehingga tidak baik untuk kesehatan anak yang masih kecil.

  1. Kacang-kacangan

Kacang merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin E. Vitamin E pada kacang sangat berperang untuk melindung sel-sel otak dari radikal bebas, sehingga meningkatkan kemampuan berpikir anak.

  1. Gandum utuh dan beras merah

Kedua jenis makanan ini juga baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Gandum utuh mengandung glukosa dan vitamin B yang juga berfungsi dalam memelihara sistem saraf. Sehingga pasokan aliran darah dan oksigen dapat beredar lancar hingga ke otak. Potasium dan juga zinc sebagai pendukung tubuh dan otak untuk bekerja seimbang dan optimal.

  1. Ikan

Jenis makanan hewani yang satu ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi sebagai sumber makanan yang sangat baik untuk kecerdasan otak anak. Minyak ikan, Omega 3, DHA dan EPA adalah kandungan penting yang terdapat dalam ikan seperti salmon, yang menjadi otak anak menjadi lebih cerdas. Dan kini kandungan nutrisi tersebut telah banyak dibuat dalam bentuk suplemen atau multivitamin untuk penambah kecerdasan otak anak.

  1. Jenis sayuran berwarna

Selain untuk mencerdaskan otak anak, sayuran berwarna seperti wortel, tomat, dan bayam juga akan membuat selera makan anak Anda menjadi terangsang. Anda dapat mengolah bahan makanan ini menjadi lebih unik lagi seperti berbentuk hewan atau wajah, dan kemudian dicampurkan dengan bahan makanan lainnya di atas, agar si buah hati lebih lahap makannya.

  1. Daging sapi bebas lemak

Selain sebagai sumber zat besi, kandungan zinc dalam daging sapi ini ternyata sangat baik untuk mencerdaskan otak anak dengan meningkatkan daya ingatnya. Tapi, pilihlah daging sapi yang bebas lemak untuk tetap menjaga kolesterol jahat dan kesehatan dari si buah hati.

LEAVE A REPLY