4 Tips Aman Dalam Merawat Rambut Bayi 1 oleh segiempatRambut pada bayi yang baru lahir memang berbeda-beda, ada yang tipis, tebal, panjang, dan juga belum tumbuh sama sekali. Namun, agar rambut bayi Anda bisa tumbuh dengan sehat saat mencapai usia dewasa nantinya, maka Anda perlu melakukan perawatan pula pada rambutnya. Nah, pada kesempatan kali ini Saya akan memberikan tips kepada para Bunda dalam merawat rambut bayi dengan aman. Simak keempat tips tersebut di bawah ini.

  1. Pemilihan jenis sisir

Rambut pada bayi masihlah sangat tipis, untuk itu pemilihan sisir yang lebih rapat sebaiknya jangan Anda lakukan agar bayi tidak mengalami kerontokan pada rambutnya. Rambut yang tipis tersebut, akan sangat mudah rontok, untuk itu para Bunda sebaiknya menggunakan sisir yang jarak yang jarang. Jenis sisir seperti ini dapat dengan mudah mengurai rambut bayi yang kusut sebelum Anda mulai melakukan keramas pada bayi. Lakukan penyisiran rambut pada bayi ini pun harus dengan hati – hati dan perlahan.

  1. Pemilihan shampoo untuk rambut bayi

Memilih shampoo untuk melakukan keramas pada rambut bayi juga haruslah yang memang sesuai dan khusus untuk bayi. Anda jangan asal memberikan shampoo pada rambut bayi, misanya shampoo yang Anda gunakan. Bahan shampoo orang dewasa dengan bayi tentunya jauh berbeda. Pilihlah jenis shampoo yang lembut dan juta tidak membuat mata bayi Anda perih. Anda tidak perlu melakukan keramas atau memberikan shampoo setiap hari pada bayi Anda. 2 sampai 3 kali keramas setiap minggu sudah cukup untuk perawatan rambut bayi Anda.

Air yang bagus digunakan dalam memandikan dan memberi shampoo pada bayi adalah air hangat tapi tidak panas. Berhati – hatilah saat mengkeramasi rambut bayi Anda, karena pada bagian kepala bayi Anda masih ada tengkorak yang belum tumbuh sempurna jadi akan terasa masih sangat lunak.

  1. Perlukah pemakaian kondisioner (pelembab rambut)?

Perawatan rambut pada bayi tidak perlu terlalu berlebihan seperti perawatan rambut pada orang dewasa. Karena seperti yang kita ketahui bahwa bayi masih dalam tahap pertumbuhan, jadi cukup dengan shampoo bayi saja sudah cukup. Pemberian kondisioner bisa Anda berikan ketika bayi Anda sudah beranjak balita atau anak – anak. Tapi, pastikan kondisioner yang digunakan memang untuk bayi, dan juga sangat lembut dan tidak berminyak.

  1. Potong rambut bayi

Rambut pada manusia pasti akan mengalami pertumbuhan. Untuk itu para Bunda sebaiknya rajin dalam memotong rambut pada bayinya. Rambut yang panjang bayi dapat mengganggu penglihatan pada bayi Anda karena akan mengenai matanya. Memotong rambut secara berkala ini juga penting agar bisa menghindari rambut bayi yang kusut.

Nah, itulah tadi beberapa metode atau tips dalam merawat pertumbuhan rambut pada bayi. Semoga tips di atas bermanfaat buat para Bunda.

LEAVE A REPLY