tips mudik untuk Ibu hamil oleh Hamil SegiEmpatBagi seorang wanita hamil, menempuh perjalanan dengan jarak yang jauh pastilah akan sangat melelahkan. Oleh karena itu, tips mudik untuk Ibu hamil adalah hal yang Anda butuhkan. Saat sedang hamil, seorang wanita harus selalu menjaga kesehatannya. Terlebih lagi jika dia akan melakukan perjalanan yang cukup jauh, seperti mudik.

Berikut ini adalah beberapa tips mudik untuk Ibu hamil:

  • Menyiapkan Obat-Obatan

Melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan apapun mungkin saja akan menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan tertentu seperti mual, muntah atau sakit kepala. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu hamil menyiapkan obat-obatan untuk mengatasi hal tersebut. Namun pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan tentang penggunaan obat tersebut.

  • Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Adapun pakaian yang sebaiknya digunakan oleh Ibu hamil adalah pakaian yang longgar, memiliki ventilasi yang cukup dan bisa membuat Ibu merasa nyaman. Sebaiknya Ibu menghindari pakaian yang bisa membuat Ibu merasa tidak nyaman seperti pakaian yang berbahan latex.

  • Tidak Menggunakan High Heels

Saat akan mudik, sebaiknya menggunakan alas kaki yang bisa memberikan kenyamanan. Dan akan lebih baik lagi jika Anda menghindari penggunaan sepatu hak tinggi. Sepatu tersebut memang akan membuat Anda lebih fashionable, tapi Anda juga harus memikirkan kenyaman Anda dan janin dalam kandungan.

  • Jangan Ragu untuk Meminta Prioritas

Jika Anda menggunakan kendaraan umun, jangan ragu dan segan untuk meminta prioritas. Mintalah pengertian kepada pengemudi dan penumpang lainnya agar memberi Anda tempat duduk yang lebih nyaman. Selain itu, sebaiknya Anda juga membawa bantal dan selimut agar Anda bisa merasa lebih nyaman.

  • Jika Ingin Menggunakan Pesawat

Kehamilan yang diizinkan untuk naik pesawat adalah kehamilan dibawah usia 36 minggu dan tanpa komplikasi. Ada baiknya jika Anda meminta surat keterangan dari dokter kandungan atau bidan yang menyatakan bahwa Anda boleh naik pesawat untuk menghindari penolakan dari maskapai penerbangan. Selain itu, mintalah prioritas boarding kepada maskapai penerbangan agar Anda bisa masuk terlebih dahulu.

Jika Anda ingin ke kamar mandi dengan mudah, Anda bisa memilih tempat duduk yang di dekat lorong. Namun jika Anda tidak ingin diganggu oleh penumpang lain yang lalu lalang, Anda bisa memilih untuk duduk di dekat jendela. Adapun tips naik pesawat untuk Ibu hamil bisa Anda lihat disini.

LEAVE A REPLY