peredaran Ibu hamil tetap lancar oleh Hamil SegiEmpatSalah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh Ibu hamil adalah kaki bengkak. Masalah ini biasanya terjadi saat usia kehamilan sudah semakin tua dan beban yang ditanggung Ibu semakin berat sehingga aliran darah yang menuju ke kaki terhambat. Meskipun dianggap wajar, namun hal ini perlu diatasi karena asupan nutrisi dan oksigen yang menuju ke plasenta juga akan terganggu. Oleh karena itu, Ibu harus berusaha agar peredaran darah Ibu hamil tetap lancar. Jika peradaran darah Ibu lancar, maka asupan nutrisi dan oksigen yang menuju ke plasenta juga akan lancar.

Berikut ini adalah beberapa cara menjaga peredaran darah Ibu hamil tetap lancar:

  • Rutin berolahraga agar darah bisa terpompa kembali ke jantung sehingga tekanan dan penggenangan pada pembuluh darah bisa dikurangi. Namun pastikan kalau olahraga yang Anda lakukan aman Anda dan janin dalam kandungan. Anda bisa sekedar berjalan-jalan atau berenang.
  • Mencukupi kebutuhan tubuh akan air putih juga dapat membantu mengurangi pembengkakan pada kaki. Air putih mengandung mineral yang diperlukan oleh tubuh sehingga dapat melancarkan peredaran darah.
  • Lakukan gerakan kaki yang bisa membantu untuk membuat peredaran darah di kaki lebih lancar dan darah bisa memompa kembali ke jantung. Anda bisa memutar-mutar kaki selama 10 menit saat sedang istirahat.
  • Cara lain adalah membuat posisi kaki lebih tinggi daripada jantung. Saat berbaring, sebaiknya Anda mengganjal kaki dengan menggunakan bantal.
  • Anda juga bisa memanfaatkan stoking yang akan membantu untuk membuat pembuluh darah memompa ke jantung dan menyangga betis. Stoking akan mencegah terjadinya penggenangan darah pada beberapa daerah tubuh, terutama pada kaki.
  • Untuk mengurangi pembengkakan dan membuat kaki menjadi lebih rileks, Anda bisa mengompres kaki dengan menggunakan air dingin. Anda bisa menggunakan waslap atau handuk yang direndam di dalam air dingin.
  • Sebaiknya Anda mulai membatasi asupan makanan, terutama yang kadar garamnya tinggi. Karena garam akan menyerap cairan sehingga bisa membuat darah semakin kental.

Jadi ketika Anda masalah sirkulasi darah yang menjadi penyebab pembengkakan pada kaki, sebaiknya Anda mencoba tips diatas. Selain itu, Anda juga harus seringkali mengubah posisi tubuh agar peredaran darah tetap lancar.

LEAVE A REPLY