menjaga kesehatan janin saat puasa oleh Hamil SegiEmpatMenjaga kesehatan janin dalam kandungan saat melaksanakan ibadah puasa adalah sebuah informasi yang wajib diketahui oleh para Ibu hamil yang sedang berpuasa. Meskipun seorang Ibu hamil telah diberikan kelonggaran untuk tidak berpuasa saat bulan Ramadhan, tapi tetap saja ada yang mau melaksanakannya. Namun Ibu hamil harus memperhatikan kondisinya dan janin dalam kandungannya karena dia akan mengalami berbagai perubahan saat Ramadhan.

Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan janin dalam kandungan saat melaksanakan ibadah puasa:

  • Berkonsultasi dengan Bidan atau Dokter

Sebelum berpuasa, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan bidan atau dokter untuk mengetahui apakah kondisi kesehatan Anda dan janin “mengizinkan” untuk berpuasa. Jika ternyata Anda dan janin sehat, puasa tidak akan mengakibatkan masalah pada Anda dan janin, maka Anda bisa melaksanakan ibadah puasa.

  • Mengkonsultasikan Riwayat Kesehatan

Selain kesehatan Anda dan janin, sebaiknya Anda juga memberi tahu bidan atau dokter kandungan tentang riwayat kesehatan dan penyakit yang pernah Anda derita. Jika Anda memiliki masalah kesehatan seperti anemia, tekanan darah yang tidak normal, diabetes atau pendarahan, sebaiknya Anda tidak berpuasa, karena hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada janin.

  • Mencukupi Kebutuhan Gizi

Saat berpuasa, Anda juga harus tetap mencukupi kebutuhan gizi untuk menjaga kesehatan Anda dan pertumbuhan serta perkembangan janin dalam kandungan. Anda bisa memenuhi kebutuhan gizi pada saat sahur dan buka puasa. Adapun nutrisi yang harus Anda penuhi pada kedua saat tersebut adalah vitamin, mineral, protein, karbohidrat dan lemak. Anda bisa mendapatkan semua itu dari buah dan sayuran serta berbagai jenis makanan lainnya.

  • Mencukupi Kebutuhan Cairan

Tetap melaksanakan aktivitas seperti biasanya namun tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman akan membuat Anda lebih cepat lemas dan mengantuk. Oleh karena itu, penuhilah kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi delapan gelas air setiap harinya yang bisa Anda konsumsi saat sahur dan buka puasa. Selain dari air putih, Anda bisa mendapatkan cairan dari sayur dan buah. Selain untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, sayur dan buah juga dapat bermanfaat untuk perkembangan janin.

  • Tidak Melakukan Aktivitas Secara Berlebihan

Saat sedang hamil dan melaksanakan ibadah puasa, sebaiknya Anda tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat dan berlebihan. Hal ini sebaiknya dilakukan agar Anda tidak kelelahan atau stres sehingga dapat membahayakan janin dalam kandungan.

  • Tetap Berolahraga

Berpuasa tidak berarti bahwa Anda juga harus “puasa” olahraga. Namun sebaiknya Anda tidak melakukan olahraga yang terlalu berat dan akan membuat Anda mengeluarkan banyak keringat. Salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan adalah melakukan yoga atau senam Ibu hamil menjelang buka puasa.

LEAVE A REPLY