menghadapi perubahan suasana hati saat hamil oleh Hamil SegiEmpatAda banyak perubahan yang terjadi pada Ibu hamil, salah satunya adalah suasana hati yang sering berubah. Oleh karena itu, tips menghadapi perubahan suasana hati saat hamil adalah hal yang dibutuhkan oleh Ibu hamil. Hal ini untuk mencegah agar Ibu tidak mengalami stres yang kemudian bisa membahayakan janin yang berada dalam kandungannya.

Berikut ini adalah tips menghadapi perubahan suasana hati saat hamil:

  • Membuat Perencanaan

Salah satu hal yang terkadang membuat Ibu hamil merasa stres yang kemudian berdampak pada kesehatan janinnya adalah ketakutan, kecemasan dan rasa tegang dalam mempersiapkan kelahiran bayinya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari sebelumnya. Jangan lupa untuk melibatkan suami dan keluarga Anda dalam hal tersebut. Anda juga bisa melakukan kegiatan yang bisa membantu saat persalinan nanti seperti mengurangi pekerjaan yang terlalu berat, melakukan yoga dan berbagai hal lainnya.

  • Meminta Bantuan

Jika sebelum hamil Anda memang sudah sering mengalami gangguan mood atau rentan mengalami kecemasan, sebaiknya Anda meminta bantuan dari psikiater yang memang membidangi masalah kesehatan mental Ibu hamil. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan perawatan kesehatan mental yang aman untuk Anda dan janin dalam kandungan. Namun jika Anda belum pernah mengalami hal ini, Anda bisa mencoba mencari bantuan dari psikolog.

  • Selalu Berbahagia

Saat stres yang Anda alami sudah berlebihan, maka kesehatan Anda dan janin dalam kandungan akan terganggu. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan latihan yang bisa membantu Anda untuk mengurangi stres seperti meditasi, yoga atau latihan pernapasan. Selain itu, sebaiknya Anda juga mendapatkan waktu tidur yang cukup. Lakukan juga berbagai kegiatan yang bisa membuat Anda tenang seperti menggunakan minyak aromaterapi atau mendengarkan musik yang Anda sukai.

  • Meminta Saran dari Orang Lain

Cobalah untuk meminta saran dan bantuan dari keluarga, sahabat atau teman Anda yang juga pernah mengalami perubahan suasana hati saat hamil. Dengan berbagi kepada mereka, maka Anda akan terhindar dari pikiran negatif serta memiliki pengetahuan baru tentang kehamilan. Sehingga Anda juga bisa mengatasi berbagai masalah kehamilan yang mungkin saja terjadi.

LEAVE A REPLY