mengatasi heartburn saat hamil oleh Hamil SegiEmpatHeartburn atau panas yang dirasakan pada bagian ulu hati dan dada adalah salah satu dari sekian banyak hal keluhan Ibu hamil. Masalah ini akan lebih sering muncul pada trimester ketiga. Rasa sakit ini sendiri akan membuat Ibu merasa terbakar pada bagian dada dan ulu hati seperti ditusuk-tusuk. Meski tidak berkaitan dengan penyakit jantung, tapi banyak Ibu hamil yang merasa khawatir dengan hal ini sehingga mereka mencari cara mengatasi heartburn saat hamil.

Masalah kesehatan ini biasanya terjadi adalah kembalinya makanan dari lambung ke kerongkongan karena rahim yang semakin membesar. Hal ini mengakibatkan iritasi pada tenggorokan, karena makanan sudah bersifat tercampur dengan asam lambung dan bersifat asam. Masalah kesehatan ini akan semakin menjadi-jadi jika Ibu memang memiliki riwayat penyakit maag.

Berikut ini adalah cara mengatasi heartburn saat hamil :

  • Hindari Pemicunya

Cara pertama adalah dengan menghindari makanan yang bisa memicu masalah kesehatan ini. Beberapa makanan yang bisa menyebabkan masalah kesehatan ini adalah makanan pedas, makanan asam, makanan berbumbu tajam, makanan dan minuman yang mengandung kafein serta minuman bersoda.

  • Jangan Langsung Baring Setelah Makan

Kebiasaan buruk satu ini juga bisa menyebabkan heartburn. Karena asam lambung akan naik dengan cepat ke kerongkongan. Akan lebih baik jika Anda menunggu 2 hingga 3 jam setelah makan lalu berbaring atau jalan-jalan sebentar sebelum berbaring.

  • Jangan Menggunakan Pakaian Terlalu Ketat

Pakaian ketat akan memberikan tekanan besar pada perut Ibu. Tidak hanya mengganggu janin, pakaian ketat juga akan memperparah heartburn. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan pakaian yang agak longgar.

  • Makan Porsi Kecil tapi Sering

Ada baiknya jika Anda mengubah pola makan Anda, yaitu makan 5 kali dalam sehari tapi dengan porsi kecil. Cara ini akan membantu Anda untuk menetralisir asam lambung dan mencegah perut kosong terlalu lama.

  • Jangan Makan Terburu-Buru

Sebaiknya Anda makan dengan perlahan dan menikmati setiap kunyahan. Cara ini akan membuat lambung dan usus mencerna makanan lebih baik sehingga bisa menurunkan resiko terjadinya atau kambuhnya heartburn. Tidak hanya itu, makan terburu-buru juga akan membuat perut Anda terasa begah.

LEAVE A REPLY