mencegah cacat janin oleh Hamil SegiEmpatSebagai calon Ibu, Anda pasti akan merasa ketakutan ketika mendengar kata cacat janin. Terlebih lagi kalau ternyata cacat janin berpotensi terjadi pada awal kehamilan. Hal ini pasti akan membuat Ibu merasa was-was sehingga berusaha untuk mencegah cacat janin.

Setiap orangtua pasti ingin anaknya terlahir dengan normal dan tidak memiliki kekurangan apapun. Sayangnya ada beberapa pola hidup sehat yang meningkatkan resiko terjadinya cacat janin. Selain itu, ada beberapa jenis cacat lahir yang tidak bisa dicegah. Namun Anda bisa menurunkan resiko cacat lahir pada bayi sebelum atau selama masa kehamilan.

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah cacat janin:

  • Menghindari Asap Rokok

Rokok memang memiliki begitu banyak dampak buruk terhadap kesehatan, termasuk kepada Ibu hamil dan janin yang terdapat di dalam kandungannya. Seorang Ibu yang merokok akan memiliki resiko untuk mengalami kelainan pada janin, bayi yang lahir prematur atau bahkan kematian janin dalam kandungan. Oleh karena itu, hindarilah merokok ataupun berada di dekat perokok.

  • Menghindari Makanan yang Mengandung Alkohol

Ketika Ibu mengkonsumsi makanan atau minuman beralkohol, maka bayinya juga akan mengkonsumsi makanan tersebut. Hal tersebut kemudian akan membuat bayi mengalami Fetal Alcohol Spectrum Disorder (FSAD) atau gangguan spektrum alkohol janin. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol.

  • Tidak Mengkonsumsi Obat-Obatan Terlarang

Mengkosumsi narkoba selama hamil akan meningkatkan resiko terjadinya bayi lahir dengan bobot rendah, lahir prematur atau lahir cacat. Selain itu, mengkonsumsi kokain ketika hamil akan membuat janin yang berada di dalam kandungan Ibu mengalami cacat pada jantung, sistem urin, tangan dan kaki. Tidak hanya itu, Ibu juga dilarang untuk mengkonsumsi narkoba setelah melahirkan karena obat-obatan tersebut akan masuk ke dalam tubuh bayi melalui air susu Ibu dan membuat pertumbuhan bayi menjadi terganggu.

  • Mengkonsumsi Asam Folat

Ketika Ibu mulai merencanakan untuk hamil, sebaiknya Ibu mulai mengkonsumsi asam folat. Mengkonsumsi asam folat atau tablet asam folat 0,4 mg setiap harinya sebelum dan saat hamil akan membantu Ibu untuk mencegah terjadi cacat pada otak dan sumsum tulang belakang bayi.

  • Rutin Berkonsultasi

Jika Anda mengalami penyakit atau memiliki keluhan selama hamil, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat-obat tertentu. Dengan begini, maka Anda bisa mengkonsumsi obat tanpa harus membahayakan kesehatan janin.

LEAVE A REPLY