ibu hamil tetap nyaman saat cuaca panas oleh Hamil SegiEmpatPerubahan hormon serta bentuk tubuh saat sedang hamil membuat Ibu hamil menjadi lebih sensitif. Tidak hanya perasaan Ibu hamil yang sensitif, tubuh Ibu juga menjadi lebih sensitif, termasuk dalam menghadapi cuaca panas. Namun agar Ibu hamil tetap nyaman saat cuaca panas, dia tidak perlu melakukan hal-hal yang ekstrim. Karena sebenarnya ada cara sederhana untu bisa tetap merasa nyaman saat cuaca sedang tidak mendukung.

Berikut ini adalah tips agar Ibu hamil tetap nyaman saat cuaca panas:

  • Selalu Menggunakan Pelindung

Kulit Ibu hamil biasanya lebih sensitif dari saat sedang tidak mengandung. Oleh karena itu jika Ibu ingin melakukan aktifitas di luar ruangan, sebaiknya Ibu selalu menggunakan tabir surya, topi lebar serta kacamata hitam. Cara ini akan melindungi Ibu dari paparan sinar matahari yang bisa merusak kulit.

  • Mencukupi Kebutuhan Air Putih

Cara terbaik untuk mengatasi rasa gerah yang diakibatkan oleh cuaca panas adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih. Air putih akan memberikan rasa segar serta mengganti cairan tubuh yang hilang saat cuaca sedang panas. Hal ini tentu akan begitu dibutuhkan oleh Ibu hamil, mengingat bahwa mereka lebih cepat dehidrasi daripada orang-orang yang sedang tidak hamil.

  • Mengurangi Konsumsi Garam

Saat sedang hamil, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam. Terlalu banyaknya kandungan garam saat hamil dapat menyebabkan preeklamsia dan tekanan darah tinggi saat hamil. Selain itu, garam juga dapat membuat tubuh mengalami pembengkakan yang kemudian membuat Ibu malas bergerak dan semakin merasa tidak nyaman.

  • Mandi dengan Air Dingin

Saat cuaca sedang panas, sebaiknya Ibu tidak mandi atau berendam dengan air hangat. Cuaca panas ditambah dengan air hangat akan membuat suhu tubuh Ibu semakin meningkat dan juga akan membuat kulit Ibu menjadi semakin kering. Hal ini tentu akan membuat Ibu menjadi semakin tidak nyaman. Oleh karena itu, ada baiknya jika Ibu mandi dengan menggunakan air biasa atu bahkan air dingin. Sebaiknya Ibu juga mandi dengan shower agar kesegaran air itu lebih terasa. Setelah mandi, sebaiknya Ibu menggunakan body lotion untuk menjaga kelembaban kulit.

LEAVE A REPLY