agar Ibu hamil mendapatkan tidur yang cukup oleh Hamil SegiEmpatMendapatkan tidur yang cukup adalah cara terbaik untuk mengembalikan energi tubuh sehingga Anda bisa merasa segar dan terhindar dari kelesuan dalam menjalani aktivitas selama seharian. Mendapatkan istirahat yang cukup juga begitu penting bagi Ibu hamil. Karena jika Ibu hamil tidak bisa tidur dengan nyenyak di malam hari, maka suasana hatinya akan menjadi tidak karuan. Hal ini kemudian akan mempengaruhi kesehatan janinnya dan juga meningkatkan resiko terjadinya komplikasi kehamilan.

Sebuah hasil penelitian yang meneliti tentang masalah yang terjadi pada wanita yang bersalin menemukan bahwa Ibu hamil yang sering mengalami masalah tidur pada trimester pertama kehamilan memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami masalah saat persalinan seperti bayi lahir prematur atau masalah berat badan bayi. Kurang tidur, terlebih lagi saat hamil, akan meningkatkan kadar sitokin, yaitu protein yang diperlukan untuk sistem imunitas tubuh. Tapi kadar sitokin yang terlalu tinggi akan membuatnya menyerang otot serta jaringan tubuh yang sehat sehingga menyebabkan terjadinya komplikasi saat kelahiran. Oleh karena itu, sangat penting bagi Ibu untuk mendapatkan tidur yang cukup.

Namun bagi Ibu yang mengalami masalah tidur, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:

  • Mencari Posisi yang Nyaman

Ukuran perut yang semakin besar pasti akan membuat Anda merasa tidak nyaman untuk dengan beberapa posisi tertentu. Namun Anda juga harus ingat kalau posisi tidur tersebut tidak akan menyakiti janin. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui posisi tidur yang baik agar Anda merasa nyaman dan tidak membahayakan janin.

  • Jika Ibu Mengalami Insomnia

Insomnia adalah masalah tidur yang sering dialami oleh banyak orang, termasuk oleh Ibu hamil. Beberapa hal yang menyebabkan insomnia adalah rasa tidak nyaman atau stres. Oleh karena itu, jika Anda sudah berada di tempat tidur selama 20 menit namun tetap terjaga, ada baiknya jika Anda melakukan hal yang bisa membuat Anda bosan yang kemudian akan membuat Anda mengantuk. Tapi pastikan kalau Anda melakukan hal itu di ruangan lain. Selain itu, jangan lupa untuk meredupkan lampu agar Anda bisa lebih cepat mengantuk.

  • Jika Tidur di Malam Hari Tidak Cukup

Seorang Ibu hamil membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak daripada saat tidak hamil. Namun bagi Ibu hamil yang tidak bisa mendapatkan istirahat cukup di malam hari, Ibu bisa mengatasi dengan tidur di siang hari. Namun pastikan agar Ibu tidur sebelum pukul 16.00, karena jika lewat dari waktu itu, maka kemungkinan besar Ibu tidak bisa tidur di malam hari.