tips memperlancar ASI oleh Hamil SegiEmpatASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Hal itulah yang membuat para Ibu ingin memberikan ASI ekslusif kepada bayinya. Namun banyak Ibu yang ASInya tidak lancar sehingga dia tidak bisa memberikan makanan terbaik tersebut untuk buah hatinya. Pada dasarnya, ada beberapa hal yang mempengaruhi produksi ASI. Mulai dari makanan hingga dukungan dari keluarga.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa memperlancar ASI:

  • Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Kuantitas dan kualitas ASI dipengaruhi oleh asupan makanan dan minuman Ibu. Oleh karena itu, sangat penting bagi Ibu memperhatikan asupan makanan dan minuman meskipun Ibu begitu sibuk merawat bayi. Selain itu, Ibu juga bisa mengkonsumsi minuman hangat agar ASI lebih lancar.

  • Mendapatkan Istirahat yang Cukup

Dengan istirahat yang cukup, rasa cemas dan stres Ibu akan berkurang sehingga produksi ASI juga bisa lebih lancar.

  • Meningkatkan Hormon Oksitosin

Hormon oksitosin adalah hormon yang dapat melancarkan ASI. Adapun beberapa cara untuk meningkatkan hormon ini adalah mandi air hangat, mengompres payudara dengan air hangat, serta memberi pijatan pada daerah payudara dan punggung.

  • Mendapatkan Tempat yang Tenang dengan Privasi yang Terjaga Saat Menyusui

Ibu juga harus menyusui di tempat yang tenang serta terjaga privasinya. Hal ini akan membuat Ibu merasa rileks serta bisa menyusui dengan leluasa sehingga ASI juga bisa lancar.

  • Posisi Menyusui yang Benar

Usahakan agar Ibu dan bayi mendapatkan posisi yang benar saat menyusui. Bayi harus menempel dengan benar pada dada Ibu. Mulut bayi juga harus berada pada posisi yang tepat agar bayi bisa menyusui dengan efektif.

  • Melakukan Kontak Kulit

Dengan melakukan kontak kulit dengan bayi, maka Ibu dan bayi akan merasa nyaman. Karena hal tersebut akan membuat Ibu memiliki pikiran yang menyengkan. Jika sudah begini, maka hormon oksitosin juga dapat ditingkatkan produksinya.

  • Bayi Menyusu Kapanpun Dia Inginkan

Semakin sering bayi menyusu maka produksi ASI juga akan semakin meningkat dan semakin lancar. Oleh karena itu, biarkan bayi Anda menyusu kapanpun dia inginkan.

  • Mendapatkan Dukungan

Sebaiknya Ibu meminta dukungan dari orang-orang di sekitar, terutama dari suami. Dukungan yang Anda dapatkan dari sekitar akan mencegah terjadinya stres, rasa cemas dan kelelahan sehingga Ibu bisa lebih memperhatikan kesehatan diri sendiri dan bayi.

LEAVE A REPLY