tips saat fase pembukaan oleh Hamil SegiEmpatKetika Ibu hamil sudah menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan, yaitu sudah mengalami kontraksi dan fase pembukaan, sebaiknya Ibu mulai mengumpulkan tenaga. Karena proses persalinan membutuhkan energi yang cukup besar. Jika Anda bisa tidur, sebaiknya Anda mencoba untuk tidur agar Anda memiliki energi yang cukup.

Berikut ini adalah beberapa tips bagi Ibu hamil saat fase pembukaan:

  • Mencari Posisi Nyaman

Rasa sakit saat kontraksi mungkin akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mencari posisi yang bisa membuat Anda merasa nyaman seperti berdiri atau melakukan gerakan mengayun dengan pelan. Posisi ini akan membantu tubuh Anda serta agar bayi bergerak sesuai dengan gravitasi.

  • Menjaga Jumlah Cairan Tubuh

Usahakan untuk tetap menjaga jumlah cairan tubuh dengan minum air putih atau cairan yang mengandung kalori seperti teh manis, jus serta minuman berenergi. Dengan begini, maka Anda akan terbantu untuk mendapatkan cadangan energi yang Anda butuhkan.

  • Meningkatkan Perasaan Bahagia

Saat rasa sakit melanda, cobalah untuk membuat hati Anda lebih bahagia dan beristirahat. Anda bisa mengkonsumsi minuman hangat, melakukan relaksasi, mendengarkan musik, mandi air hangat, melakukan olahraga atau pemijatan.

  • Makan Makanan Ringan

Di awal proses persalinan, sebaiknya Anda makan makanan ringan. Karena Anda akan merasa mual saat terjadi kontraksi. Adapun makanan yang sebaiknya Anda konsumsi adalah yoghurt, buah-buahan atau roti panggang.

  • Teknik Pernapasan

Saat mengalami kontraksi, cobalah untuk melakukan teknik pernapasan agar Anda bisa merasa nyaman. Tapi lakukan hal ini hanya ketika Anda benar-benar membutuhkannya.

  • Merelaksasikan Otot dengan Vokalisasi

Agar otot abdomen dan pelvis Anda bisa terelaksasi, Anda bisa mencoba untuk melakukan visualisasi. Caranya adalah ucapkan kata “eeeek” dengan nada tinggi dan rasakan apa yang terjadi pada otot abdomen dan vagina. Setelah itu, ucapkan kata “oooohhh” dengan panjang, lambat dan menggunakan suara rendah. Anda akan merasakan otot Anda mengendur dan melemas. Ada baiknya jika Anda tidak berteriak saat kontraksi berlangsung karena hal ini hanya akan membuat otot Anda menjadi tegang.

  • Mintalah Dukungan

Jika Anda merasakan kontraksi yang semakin kuat dan semakin sering, sebaiknya Anda mulai meminta orang-orang terdekat Anda untuk memberi dukungan. Hal ini akan membuat Anda mendapatkan semangat dan tenaga tambahan dalam proses persalinan.

LEAVE A REPLY