pil KB menambah berat badan oleh Hamil SegiEmpatSeorang wanita hamil pasti akan mengalami kenaikan berat badan. Hal ini memang disarankan untuk para Ibu hamil untuk kesehatan dirinya dan juga janin yang berada dalam kandungannya. Setelah melahirkan, para wanita akan berusaha untuk menurunkan berat badan agar bentuk tubuhnya bisa kembali seperti dahulu.

Selain itu, biasanya wanita yang telah melahirkan akan melakukan kontrasepsi untuk memberikan jarak kelahiran bagi anaknya. Salah satu jenis kontrasepsi yang paling mudah ditemukan dan dikonsumsi adalah pil KB. Namun mitos yang mengatakan bahwa pil KB menambah berat badan membuat banyak Ibu yang berpikir untuk menggunakan kontraepsi ini. Apalagi para wanita memang begitu memperhatikan penampilannya.

Telah banyak hasil penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi pil KB sama sekali tidak berhubungan dengan kenaikan berat badan yang dialami oleh wanita yang mengkonsumsinya. Namun hal itu tampaknya tidak membuat orang-orang percaya begitu saja. Masih banyak wanita yang percaya bahwa konsumsi pil KB menambah berat badan.

Sebuah hasil penelitian memang telah menemukan bahwa konsumsi pil KB membuat wanita yang menjadi objek penelitian mengalami pertambahan berat badan. Namun pertambahan berat badannya bukan karena konsumsi pil KB. Kenaikan berat badan mereka terjadi karena peningkatan nafsu makan, jarang berolahraga serta masalah lainnyalah yang menyebabkan hal tersebut. Hasil penelitian tersebut merupakan penegasan bahwa Anda tidak boleh menjadikan pil KB sebagai “kambing hitam” atas kenaikan berat badan yagn Anda alami saat mengkonsumsinya, apalagi setelah Anda melahirkan. Karena yang menyebabkan kenaikan berat badan adalah pola hidup yang tidak sehat.

Namun ada sebuah alat kontrasepsi yang berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan. Metode kontrasepsi yang dimaksud adlaah depot medroxyprogesterone acetate atau DPMA. Metode kontrasepsi ini lebih dikenal dengan nama suntik KB. Pertambahan berat badan karena metode kontrasepsi ini telah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Texas. Penelitian ini menemukan bahwa para pelaku kontrasepsi yang menggunakan metode kontrasepsi suntik KB akan mengalami kenaikan berat badan sebanyak 5,5 kg dalam jangka waktu tiga tahun.

LEAVE A REPLY