persiapan saat cuti melahirkan berakhir oleh Hamil SegiEmpatBagi Anda wanita karir yang sudah hampir melahirkan, maka sudah saatnya Anda mengambil cuti melahirkan. Namun tanpa terasa, masa cuti melahirkan berakhir. Bagi Anda yang ingin memberikan ASI ekslusif kepada buah hati Anda, hal ini tentu akan menjadi masalah bagi Anda. Karena Anda sudah tidak lagi menyusui buah hati Anda. Tapi sebenarnya ada solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Berikut ini adalah beberapa persiapan yang Anda lakukan ketika cuti melahirkan berakhir:

  • Belajar untuk Memerah ASI

Ada baiknya jika Anda mulai belajar untuk memerah ASI. Hal ini penting jika Anda akan sering-sering meninggalkan buah hati Anda, terlebih lagi jika Anda akan segera bekerja. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mulai belajar untuk memerah ASI sedikit demi sedikit. Anda bisa menanyakan hal ini kepada kerabat atau teman yang sudah pernah melakukan hal ini. Jangan malu untuk bertanya kepada mereka.

  • Memperkenalkan ASI Perah pada Anak

Setelah belajar untuk mulai memerah ASI, ada baiknya jika Anda juga sudah mulai memperkenalkan ASI Perah pada buah hati Anda. Hal ini agar dia mulai terbiasa untuk minum susu tidak langsung dari payudara Anda. Saat melakukan hal tersebut, sebaiknya Anda meminta bantuan dari orang lain seperti mertua, orangtua atau pengasuh lainnya. Agar dia bisa beradaptasi dengan cepat, sebaiknya Anda menggunakan dot yang bentuknya mirip dengan payudara. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sendok atau cup feeder.

  • Memilih Wadah Penyimpanan ASI Perah

Setelah ASI diperah, maka Anda harus mencari tempat penyimpanannya. Hal ini untuk menjaga agar ASI bisa tahan lama. Anda bisa menggunakan botol atau plastik. Setelah menyimpan ASI pada wadah, Anda kemudian akna menaruhnya di freezer untuk menjaga kesegarannya.

  • Mencari Orang yang Akan Menjaga Bayi Anda

Ada baiknya jika Anda meminta tolong kepada keluarga terdekat Anda dalam pengasuhan bayi. Sebaiknya Anda memperkenalkan mereka kepada bayi Anda sesegera mungkin. Selain agar bayi Anda terbiasa dengan mereka, hal ini juga akan membuat mereka bisa mencontoh cara Anda mengasuh dan merawat buah hati Anda.

  • Menyetok ASI Perah

Setelah melakukan semua persiapan tersebut, sebaiknya Anda juga sudah mulai menyetok ASI perah. Hal ini untuk menjaga agar kebutuhan ASI dari bayi Anda bisa tetap terjaga. Usahakan untuk memilih breastpum yang cocok dengan payudara Anda.

LEAVE A REPLY