persiapan perawatan bayi oleh Hamil SegiEmpatBagi Ibu hamil yang usia kehamilannya telah memasuki trimester ketiga, sebaiknya sudah mulai melakukan persiapan perawatan bayi. Hal ini sudah harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum persalinan karena semakin dekat waktu persalinan, maka waktu yang dimiliki juga akan semakin sedikit. Selain itu, Anda juga sudah bisa mengetahui jenis kelamin calon janin Anda pada trimester ketiga sehingga Anda bisa membelikan perlengkapan yang sesuai dengan jenis kelaminnya. Dengan begini, biaya yang Anda keluarkan bisa dikurangi.

Berikut ini adalah beberapa benda yang menjadi persiapan perawatan bayi yang baru lahir:

  • Pakaian Bayi

Jika Anda ingin membeli pakaian bayi, sebaiknya Anda membeli yang terbuat dari katun dan menghindari yang terbuat dari nylon atau polyester. Dengan begini, bayi akan merasa nyaman dan terhindar dari iritasi karena katun dapat menyerap keringat dan membuatnya bergerak dengan bebas. Selain itu, sebaiknya Anda juga membeli pakaian dengan berbagai ukuran dengan jumlah yang tidak banyak. Hal ini karena bayi tumbuh dengan cepat sehingga dia tidak akan menggunakan baju tersebut dalam jangka panjang. Adapun jenis pakaian bayi yang sebaiknya Anda siapkan adalah baju lengan panjang, baju lengan pendek, baju tanpa lengan, celana panjang, celana pendek, kaos tangan, kaos kaki dan jaket.

  • Popok

Bayi yang baru lahir biasanya lebih sering buang air kecil dan besar. Oleh karena itu, lebih baik Anda membelikannya popok yang terbuat dari katun dan memiliki tali daripada membelikannya popok sekali pakai. Karena akan dipakai berulang kali, sebaiknya Anda membeli dalam jumlah yang cukup banyak.

  • Perlengkapan yang Dipakai Mandi

Untuk menjaga kebersihan bayi, maka Anda juga harus menyiapkannya perlengkapan mandi seperit bak mandi, shampoo dan sabun serta waslap. Dalam memilih waslap, sebaikya Anda memilih yang halus agar bayi Anda merasa nyaman dan juga aman.

  • Alas Tidur

Alas tidur atau perlak adalah benda lain yang tidak boleh Anda lupakan. Perlak dibutuhkan bagi bayi yang baru lahir karena mereka lebih sering buang air kecil. Penggunaan perlak akan membantu Anda untuk membersihkan air seninya. Jika ingin membeli perlak, sebaiknya Anda membeli yang berukuran besar.

  • Gendongan

Benda terakhir yang sebaiknya Anda siapkan adalah gendonan bayi. Alat ini akan membantu Anda untuk menggendong bayi sehingga Anda dan bayi bisa merasa nyaman. Ada banyak macam gendongan yang terdapat di pasaran, diantaranya adalah gendongan selendang.

LEAVE A REPLY