mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan oleh Hamil SegiEmpatSalah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh Ibu yang baru saja bersalin adalah kaki yang membengkak. Kaki bengkak yang biasanya terjadi saat hamil seringkali berlanjut hingga setelah melahirkan. Meskipun hal ini normal dan akan hilang dengan sendirinya, namun tetap saja Ibu merasa tidak nyaman. Hal itulah yang membuat Ibu ingin mengatasi kaki bengkak setelah persalinan.

Pembengkakan kaki ini biasanya terjadi karena adanya peningkatan volume darah. Hal ini paling sering terjadi pada Ibu yang mengalami hipertensi. Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi kaki bengkak setelah persalinan:

  • Jangan Menyilangkan Kaki Saat Duduk

Posisi menyilangkan kaki ketika duduk memang sangat menyenangkan. Tapi jangan lakukan ini jika kaki Anda sedang bengkak karena hal tersebut hanya akan menghambat peredaran darah sehingga membuat kaki semakin bengkak. Akan lebih baik jika Anda memposisikan kaki sedikit lebih tinggi atau lurus dengan lantai..

  • Tidak Mengkonsumsi Makanan yang Asin

Mengkonsumsi makanan asin hanya akan semakin menambah penumpukan cairan dalam tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari makanan yang seperti itu misalnya cemilan atau kacang.

  • Tidak Menahan Air Seni

Banyak Ibu yang takut buang air kecil saat baru saja melahirkan karena mereka khawatir kalau jahitannya akan terbuka dan terasa sakit. Padahal buang air seni tidak akan berpengaruh pada jahitan. Selain itu, menahan air seni juga akan menambah penumpukan cairan dalam tubuh.

  • Mengatur Posisi Kaki

Jika Anda sedang tidur atau duduk lalu merakan kaki yang begitu kencang, sebaiknya Anda segera mengganjal kaki agar letaknya lebih tinggi daripada pantat. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah cairan yang bertumpuk pada pergelangan kaki.

  • Sering-Sering Melakukan Peregangan

Jika Anda sedang memiliki waktu luang, sebaiknya Anda lebih sering melakukan peregangan dengan berdiri dan berjalan-jalan kecil di sekitar rumah. Cara ini akan membantu Anda untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Selain itu, sebaiknya Anda juga tidak terlalu lama duduk atau menonton TV.

  • Merendam Kaki dengan Air Garam

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi pembengkakan adalah dengan merendam kaki dengan menggunakan air garam. Garam yang mengandung mineral akan membantu untuk mengurangi pembengkakan kaki dan kelelahan.

LEAVE A REPLY