mengapa ibu dianjurkan menyusui oleh Hamil SegiEmpatBagi Anda yang sedang hamil dan akan segera melahirkan, maka Anda sudah harus mempersiapkan diri untuk menyusui. Namun banyak wanita yang menolak untuk menyusui bayinya dengan alasan karena hal tersebut akan membuat payudara melorot sehingga membuat penampilannya menjadi tidak lagi menarik. Selain itu, banyak juga yang menyangka kalau menyusui itu lebih mahal daripada harus membeli susu formula.

Padahal menyusui adalah cara terbaik untuk melindungi kesehatan bayi dan juga Anda sendiri. Seorang bayi yang menyusu kepada Ibunya, terlebih lagi yang mendapatkan ASI ekslusif selama enam bulan pertama memiliki resiko yang lebih kecil untuk mengalami obesitas dan juga terkena Sindrom Kematian Bayi Mendadak.

ASI mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi. Selain itu, ASI juga lebih mudah dicerna oleh pencernaan bayi yang masih belum stabil. ASI juga akan diserap langsung oleh tubuh bayi. Di dalam ASI terkandung kolostrum dan nutrisi lain yang mengandung antibodi yang akan meningkatkan imunitas bayi sehingga membuat bayi lebih kuat dan lebih tahan dari berbagai penyakit seperti diare, pneumonia dan infeksi telinga.

Sedangkan untuk Ibu, mereka memiliki resiko yang lebih kecil untuk terkena kanker payudara, kanker ovarium dan diabetes. Menyusui juga dapat mencegah terjadinya pendarahan pada rahim, yang biasanya terjadi setelah proses persalinan. Kegiatan ini juga dapat membakar 500 kalori setiap harinya sehingga dapat membantu bagi pada Ibu yang ingin menurunkan berat badan.

Bagi Ibu yang ingin memberi jarak kelahiran kepada anaknya, maka kegiatan menyusui bisa menjadi kontrasepsi terbaik. Hal ini karena saat menyusui, tubuh akan menghasilkan hormon prolaktin. Hormon prolaktin inilah yang kemudian akan menekan produksi hormon kesuburan. Padahal hormon kesuburan adalah hormon yang bertugas untuk mengatur perkembangan sel telur serta mempersiapkan rahim dalam rangka persiapan menyambut janin yang telah dibuahi oleh sperma. Jadi ketika produksi hormon kesuburan ditekan, maka tubuh tidak akan memproduksi sel telur atau mengalami ovulasi. Dengan begitu, maka pembuahan tidak akan terjadi.

ASI juga adalah makanan yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi. ASI memiliki peran yang begitu penting untuk perkembangan mulut, gigi dan rahang. Selain itu, ASI juga diperlukan bayi untuk perkembangan penglihatan dan juga perkembangan bicara bayi Anda. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak menyusui bayi Anda.

LEAVE A REPLY