makanan yang meningkatkan produksi ASI oleh Hamil SegiEmpatSetelah mengandung selama kurang lebih 9 bulan 10 hari, kehadiran bayi di samping Anda pasti akan membuat Anda begitu bahagia. Untuk membuat bayi Anda tetap sehat, maka yang Anda lakukan adalah memberinya ASI. Sayangnya ada beberapa Ibu yang produksi ASInya tidak begitu banyak sehingga kebutuhan bayinya tidak bisa dipenuhi. Namun jangan khawatir, karena ada makanan yang bisa meningkatkan produksi ASI. Makanan-makanan berikut ini bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa meningkatkan produksi ASI:

  • Air Putih

Air putih memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat terpentingnya adalah mencegah terjadinya dehidrasi. Karena dehidrasi akan membuat energi seseorang menurun sehingga produksi ASIpun bisa menurun. Oleh karena itu, untuk sebaiknya Ibu tetap mencukupi kebutuhan cairannya saat masih hamil.

  • Beras Merah

Setelah melahirkan, biasanya Ibu ingin segera menurunkan berat badan. Salah satu caranya adalah mengurangi asupan karbohidrat. Padahal penurunan berat badan secara drastis justru bisa membuat Ibu lesu dan mengurangi produksi ASI. Untuk mencegah hal itu, sebaiknya Ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti beras merah.

  • Ikan Salmon

Ikan memang menjadi salah satu makanan yang paling sering direkomendasikan untuk Ibu hamil, bahkan untuk Ibu menyusui. Salmon mengandung DHA yang dibutuhkan bayi untuk perkembangan sistem sarafnya. Selain itu, DHA juga bermanfaat mengurangi resiko terjadinya baby blues sehingga produksi ASI Ibu tetap terjaga.

  • Telur

Vitamin D adalah nutrisi yang dibutuhkan Ibu untuk menjaga agar kekuatan tulangnya serta membantu pertumbuhan tulang janin. Selain itu, telur juga bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan protein Ibu menyusui sehingga produksi ASInya tetap terjaga.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang mengandung vitamin A memiliki begitu banyak manfaat baik untuk Ibu ataupun bayi yang disusuinya. Vitamin A dibutuhkan bayi untuk perkembangan penglihatannya. Selain itu, sayuran hijau juga rendah kalori, sumber kalsium, zat besi dan mengandung vitamin C. Adapun beberapa jenis sayuran yang termasuk dalam sayuran hijau adalah bayam, brokoli dan kangkung.

  • Buah Jeruk

Buah yang satu ini dikenal dengan kandungan vitamin C dosis tinggi yang dibutuhkan oleh Ibu menyusui. Selain dengan mengkonsumsi langsung buahnya, Anda juga bisa minum jus jeruk.

LEAVE A REPLY