makanan yang dikonsumsi pada masa nifas oleh Hamil SegiEmpatMasa nifas adalah masa pemulihan seorang wanita setelah melahirkan. Pada masa pemulihan yang berlangsung selama 40 hari ini, Ibu membutuhkan perhatian dan nutrisi yang tidak jauh berbeda sat masih hamil. Hal ini untuk menggantikan energi yang hilang saat melahirkan, agar ASI lebih lancar serta mencegah terjadinya depresi setelah melahirkan.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi Ibu pada masa nifas:

  • Air Putih

Seorang Ibu yang baru saja melahirkan tidak boleh mengalami dehidrasi. Adapun gejala dehidrasi adalah rasa lelah dan cemas. Oleh karena itu, penuhilah kebutuhan cairan tubuh Anda.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung vitamin C, antioksidan dan zat besi yang dibutuhkan oleh Ibu menyusui. Anda bisa mendapatkan manfaat sayuran dari bayam, buncis, brokoli dan sebagainya.

  • Sereal Gandum

Gandum adalah makanan yang bisa mengembalikan energi yang hilang setelah melahirkan. Oleh karena itu, konsumsilah semangkuk sereal gandum setelah Anda melahirkan.

  • Buah Jeruk

Wanita yang baru saja melahirkan membutuhkan lebih banyak vitamin C daripada Ibu hamil. Karena vitamin C dapat menambah tenaga wanita yang baru saja melahirkan. Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin C dari buah jeruk.

  • Susu

Untuk mengembalikan kebugaran dan kesehatan tubuh, sebaiknya Ibu yang baru melahirkan mengkonsumsi susu yang mengandung protein dan kalsium.

  • Makanan yang Mengandung Protein

Protein adalah nutrisi yang bermanfaat untuk perkembangan otak serta memiliki efek menenangkan. Hal inilah yang dibutuhkan oleh Ibu yang baru melahirkan dan bayi yang baru saja lahir. Anda bisa mendapatkan manfaat protein dari telur, susu, ikan, daging, kedelai, biskuit, yoghurt dan keju.

  • Makanan dan Suplemen yang Mengandung Omega-3

Selain untuk meningkatkan fungsi otak pada bayi, omega-3 juga bermanfaat untuk mengatasi depresi pada Ibu hamil. Anda bisa mendapatkan manfaat omega-3 dari minyak biji rami, kacang kenari, ikan salmon. Jika masih kurang atau Anda takut jika ikan yang akan Anda konsumsi mengandung merkuri yang berbahaya bagi Anda dan bayi, Anda bisa mengkonsumsi suplemen omega-3.

  • Dark Chocolate

Jika dokter menyarankan Anda untuk mengkonsumsi gula, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi dark chocolate. Makanan ini mengandung kadar cocoa sebanyak 70 persen, yang bisa membantu untuk memperbaiki mood.

LEAVE A REPLY