Induksi Alami untuk Mempercepat Persalinan oleh Hamil SegiEmpatAdalah sebuah kekhawatiran bagi seorang Ibu jika hari perkiraan lahir bayi sudah lewat tapi Ibu belum juga menunjukkan tanda kalau dia akan segera melahirkan. Padahal kecemasan justru akan menyebabkan bayi semakin sulit untuk keluar. Untuk merangsang persalinan, biasanya dokter akan melakukan induksi. Tapi Anda juga bisa melakukan induksi alami untuk mempercepat persalinan. Dengan begini, Anda akan melakukan persalinan dengan lancar dan tidak perlu lagi melakukan operasi caesar.

Berikut ini adalah induksi alami untuk mempercepat persalinan yang bisa Anda lakukan:

  • Hilangkan Rasa Cemas

Meskipun rasa cemas adalah yang wajar menjelang persalinan, tapi Anda harus berusaha berusaha untuk mengatasinya. Anda bisa berbagi dengan orang lain agar kecemasan Anda bis berkurang. Atau bisa juga Anda melakukan beberapa kegiatan yang bisa membuat Anda lebih rileks.

  • Jalan Santai

Cobalah untuk berjalan kaki di taman agar Anda merasa lebih rileks dan bayi juga bisa lebih cepat keluar. Pastikan kalau posisi tubuh Anda tepat ketika berjalan yaitu tubuh tegap dan tidak condong ke belakang.

  • Pijat Refleksi

Dengan melakukan pijat refleksi, maka Anda akan merangsang proses persalinan serta menyeimbangkan sistem dalam tubuh. Namun pastikan kalau Anda melakukan konsultasi dengan dokter sebelum melakukan pijat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Menstimulasi Puting Payudara

Dengan memberikan stimulasi pada puting payudara, maka tubuh akan melepaskan hormon oksitosin. Ketika hormon ini dilepaskan, maka rahim akan terangsang untuk berkontraksi. Anda bisa melakukan ini sendiri atau meminta bantuan dari suami. Tapi jangan melakukannya secara berlebiha karena bisa menyebabkan kontraksi yang begitu kuat dan panjang sera mengganggu aliran darah janin. Saat menstimulasi puting payudara, fokuslah pada salah satu bagian payudara selama 5 menit baru berpindah.

  • Birthing Balls

Cara ini juga sangat berguna untuk membuat bayi yang terdapat di dalam rahim bergerak sehingga dia bisa keluar lebih cepat. Duduklah pada sebuah bola yang lembut dan lentur dan gerakkan tubuh Anda. Gerakan yang dihasilkan tubuh akan membuat bayi juga bergerak dan menuju pada posisi terbaik.

  • Bercinta

Meskipun terlihat bukan waktu yang tepat, tapi bercinta dengan suami juga bisa merangsang persalinan. Sperma mengandung prostaglandins yang bisa membuat leher rahim menjadi lunak dan lebih mudah terbuka. Selain itu, sperma juga akan membuat leher rahim melemas dan merangsang terjadinya kontraksi.

LEAVE A REPLY