dilakukan setelah operasi Caesar oleh Hamil SegiEmpatSeorang Ibu yang melakukan operasi Caesar biasanya akan “mengalami penderitaan” selama beberapa hari. Hal ini karena bekas luka dari operasinya. Beberapa hal sepele seperti batuk, bersin atau bernafas panjang seringkali menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan setelah operasi Caesar agar bisa merasa lebih nyaman.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan setelah operasi Caesar:

  • Menarik Nafas Dalam-Dalam

Untuk mengeluarkan lendir yang bertumpuk di dada, sebaiknya Anda bernafas dalam-dalam dan mengeluarkannya dengan cukup kuat. Lendir ini harus dikeluarkan karena berpotensi menyebabkan infeksi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat khusus dari rumah sakit. Ada teknik yang bisa Anda lakukan untuk membuat Anda merasa lebih nyaman, yaitu tahan daerah sayatan dengan kuat dan lembut dengan menggunakan gulungan handuk atau bantal kecil. Setelah itu ambillah nafas dalam-dalam dan keluarkan pada tabung. Tapi Anda tidak perlu melakukan ini jika tidak ada lendir di dada Anda

  • Berguling

Tekuk panggul dan lutut lalu angkatlah panggul Anda hingga tubuh lurus dari bahu ke lutut. Setelah itu putarlah panggung hingga akhirnya Anda berguling. Cara ini akan membantu Anda untuk berpindah posisi tanpa membuat daerah sayatan meregang.

  • Mengeluarkan Gas

Salah satu masalah yang sering terjadi setelah operasi adalah adanya gas dalam perut karena aktivitas usus yang melambat. Biasanya Anda tidak diberi makanan hingga beberapa jam untuk melihat aktivitas dalam perut. Untuk menghilangkan gas dalam perut, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas fisik. Selain itu, sebaiknya Anda juga tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang bisa menimbulkan gas.

  • Menyusui

Sebaiknya Anda segera menyusui segera setelah melakukan operasi Caesar. Tapi pasti akan sulit untuk menemukan posisi yang nyaman karena bekas lukan. Namun sebaiknya Anda mencari posisi dengan berkonsultasikan dengan ahli kesehatan. Anda bisa duduk ataupun menggunakan bantal. Dengan begitu, Anda bisa merasa nyaman untuk menyusui setelah operasi caesar. Menyusui setelah operasi caesar juga akan mempercepat proses pemulihan setelah melakukan operasi caesar.

LEAVE A REPLY