bercinta selama masa nifas oleh Hamil SegiEmpatSetelah melakukan persalinan, para wanita akan berada dalam masa nifas. Pada masa tersebut, wanita yang terlah bersalin akan mengeluarkan yang sama dengan darah menstruasi. Pada masa ini, seringkali para wanita mengalami masalah seksual sehingga bercinta pada masa nifas seringkali tidak bisa dilakukan. Masa nifas ini berlangsung selama 40 hingga 60 hari.

Pada masa ini, para Ibu yang baru saja bersalin tidak hanya menghindari seks karena merasa trauma setelah melahirkan tapi juga karena adanya perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuhnya. Selain itu, beberapa hal lain yang membuat seorang wanita tidak bergairah atau seakan tidak ingin melakukan hubungan intim setelah melahirkan adalah :

  • Kelelahan karena mengurus buah hatinya;
  • Seluruh perhatian Ibu terfokus pada bayi yang baru lahir;
  • Sensitivitas tubuh yang menurun karena keadaan atau perubahan fatal yang terjadi pada tubuh; dan
  • Penurunan hormon estrogen secara drastis pada minggu pertama setelah persalinan.

Jika Anda mengalami hal tersebut, Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut adalah hal yang normal. Ada baiknya jika Anda membicarakan hal ini dengan suami untuk mencegah kesalahpahaman.

Bercinta selama masa nifas tidak boleh dilakukan. Karena pada saat itu istri masih dalam masa pemulihan dan serviks masih melebar. Serviks yang melebar akan mengakibatkan rasa sakit dan ketidaknyamanan ketika bercinta. Selain itu, istri juga masih mengeluarkan darah setelah melahirkan. Darah tersebut adalah darah kotor yang tertampung di dalam tubuh Ibu sehingga harus dikeluarkan. Ketika Ibu melakukan hubungan intim pada saat masa nifas belum berakhir, tidak menutup kemungkinan kalau darah itu akan kembali sehingga bisa mengakibatkan masalah kesehatan pada Ibu.

Batas masa nifas yang ditetapkan adalah 40 hingga 60 hari. Jika ternyata Ibu sudah tidak lagi mengalami pendarahan sebelum jangka waktu tersebut, maka Ibu sudah bisa kembali melakukan hubungan intim. Namun sebelumnya Ibu harus berkonsultasi dengan dokter. Dengan begini dokter akan memeriksa keadaan Ibu apakah sudah aman untuk berhubungan intim ataukah masih belum. Jika ternyata suami sudah mulai bergairah pada masa ini, mintalah dia untuk bersabar hingga Anda betul-betul siap. Namun Anda juga bisa mencari keintiman dengan bentuk lain. Anda bisa bermesraan dengan suami dengan cara berpelukan, berciuman atau saling menyentuh.

LEAVE A REPLY