apa itu persalinan caesar oleh Hamil SegiEmpatPersalinan caesar atau operasi caesar adalah sebuah upaya persalinan yang dilakukan dengan cara melakukan pembedahan pada perut dan rahim Ibu. Atau dengan kata lain, proses persalinan yang dilakukan dengan jalan operasi.

Pada dasarnya, bidan atau dokter kandungan akan menyarankan untuk melakukan persalinan normal. Karena persalinan dengan cara ini memiliki resiko komplikasi yang lebih kecil meskipun terlihat menyakitkan dan melelahkan. Namun ketika ada beberapa masalah kehamilan atau janin yang membuat Ibu tidak bisa melahirkan secara normal, maka ahli medis akan menyarankan untuk melakukan operasi caesar.

Ada beberapa kasus dimana operasi caesar bisa direncanakan pelaksanaannya tapi ada juga kasus dimana operasi caesar dilakukan secara tiba-tiba dan tidak direncanakan.

Operasi caesar bisa direncanakan ketika dokter telah menemukan masalah saat kehamilan atau sebelum proses persalinan berlangsung. Adapun beberapa hal yang akan membuat dokter merencanakan operasi Caesar adalah:

  • Ibu memiliki infeksi penyakit yang berpotensi menular pada janin jika dilakukan persalinan normal;
  • Ibu memiliki penyakit jantung yang mungkin saja akan kambuh karena stres saat dilakukan persalinan normal;
  • Posisi kepala bayi tidak terletak di bawah saat waktu persalinan sudah semakin dekat;
  • Ibu mengandung anak kembar; dan
  • Anda memiliki masalah kehamilan dan persalinan sebelumnya dilakukan dengan cara operasi caesar. Hal ini membuat dokter khawatir bekas luka pada rahim akan robek jika dilakukan persalinan normal.

Selain direncanakan, bisa jadi operasi caesar juga dilakukan secara mendadak atau tidak direncanakan. Hal ini biasanya dilakukan saat proses persalinan normal sudah semakin dekat namun ternyata Ibu tidak bisa melahirkan secara normal. Berikut ini adalah beberapa hal yang akan membuat dokter melakukan operasi caesar tanpa perencanaan:

  • Janin memiliki ukuran tubuh yang begitu besar hingga tidak bisa dikeluarkan lewat vagina Ibunya;
  • Bayi berada dalam bahaya, seperti denyut jantungnya yang terlalu lambat atau terlalu cepat sehingga harus segera dikeluarkan;
  • Janin mengalami masalah dengan tali pusat atau plasentanya sehingga membuatnya berada dalam bahaya; dan
  • Proses persalinan normal berjalan sulit, lambat atau bahkan berhenti sama sekali.

Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang Ibu untuk rajin memeriksakan janin dalam kandungannya untuk mendeteksi adanya masalah sehingga bisa segera dilakukan penanganan.

LEAVE A REPLY