mengatasi rambut rontok saat hamil oleh Hamil SegiEmpatBagi wanita yang telah mendapatkan kehamilannya, mereka pasti akan merasa sangat bahagia, terlebih lagi jika kehamilan tersebut sudah lama dinantikan. Para wanita hamil biasanya sudah tidak sabar ingin segera melihat dan menimang janin yang berada dalam kandungannya. Namun perubahan yang terjadi pada seorang wanita hamil, termasuk perubahan hormon dapat menyebabkan berbagai masalah pada Ibu hamil. Salah satunya adalah kerontokan rambut saat hamil.

Masalah rambut rontok ini terjadi pada setiap wanita hamil. Ada Ibu yang mengalami kerontokan rambut dalam batas yang normal, yaitu sebanyak 100 helai dalam sehari. Namun ada juga Ibu yang mengalami kerontokan rambut yang lebih dari 100 helai setiap harinya. Hal itu kemudian membuat Ibu bertanya-tanya, apa yang menyebabkan kerontokan rambut saat hamil.

  • Penyebab Rambut Rontok

Para ahli mengatakan bahwa perubahan hormon yang terjadi pada seorang wanita saat sedang hamil adalah hal yang paling mungkin menyebabkan rambut rontok saat sedang hamil. Perubahan keseimbangan hormon terjadi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang berada dalam kandungan. Setelah bayi lahir, maka siklus hormon dalam tubuh Ibu akan kembali seperti semula.

  • Jika Tetap Rontok Setelah Persalinan

Tapi ada beberapa Ibu yang tetap mengalami kerontokan rambut setelah persalinan, bahkan hal itu masih terjadi beberapa bulan sebelumnya. Hal ini biasanya terjadi karena stres yang dialami oleh Ibu. Seorang Ibu yang baru saja melahirkan dan menjadi Ibu baru biasanya akan stres dan lelah karena dia kurang tidur. Stres inilah yang kemudian akan menyebabkan kerusakan pada rambut dan membuatnya rontok.

Adapun cara mengatasi rambut rontok saat hamil dan setelah melahirkan adalah:

  • Mengkosumsi Nutrisi yang Tepat

Saat sedang hamil, pastikan agar Anda selalu mencukupi kebutuhan nutrisi untuk Anda dan juga janin yang berada dalam kandungan. Oleh karena itu, pastikan agar Anda selalu mengkonsumsi buah segar, sayuran hijau, ayam, ikan laut dan daging.

  • Menggunakan Tonik

Cara terampuh untuk memperkuat akar rambut adalah dengan menggunakan tonik. Sebaiknya Anda menggunakan tonik alami untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tonik alami yang bisa Anda gunakan adalah minyak kemiri yang dioleskan di kepala, dibiarkan selama satu jam lalu dibilas.

  • Konsumsi Vitamin

Jika masalah kerontokan rambut sudah demikian parah, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter. Mungkin dokter akan memberi Anda vitamin khusus Ibu hamil yang dapat mencegah kerontokan rambut.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY