olahraga untuk hamil kembar oleh Hamil SegiEmpatDi satu sisi, hamil kembar adalah salah satu hal hebat yang dialami oleh seorang ibu namun di sisi lain, kehamilan kembar akan membuat Anda membutuhkan nutrisi dan tenaga yang lebih besar. Karena Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tiga orang. Selain itu, Anda juga lebih rentan untuk mengalami kelelahan dan juga anemia. Anda juga akan lebih berpotensi untuk melakukan persalinan dengan cara operasi caesar.

Meski demikian, Anda masih bisa melahirkan dengan normal. Salah satu caranya adalah dengan melakukan beberapa olahraga berikut ini :

  • Jalan Kaki

Olahraga ini adalah salah satu olahraga yang paling mudah dan murah. Berjalan kaki akan membantu Anda untuk melancarkan persalinan normal. Namun saat berjalan kaki, pastikan agar Anda tidak terlalu mengguncang lutut dan pergelangan kaki. Selain itu, pastikan juga agar latihan ini akan membuat Anda dan janin yang berada di dalam kandungan Anda tetap nyaman dan aman. Anda juga tidak boleh terlalu memaksakan diri dan terlalu lelah saat melakukan latihan ini.

  • Latihan Pilates

Sebelum melakukan latihan pilates ini, Anda harus memastikan kalau dasar panggul Anda dapat melakukan kontraksi yang kuat. Latihan ini akan membantu agar posisi janin menjadi lebih optimal serta mengatasi rasa nyeri pada panggul dan punggung. Untuk lebih amannya, sebaiknya Anda bergabung dengan kelas pilates untuk ibu hamil dan katakan pada instrukturnya kalau Anda sedang hamil kembar.

  • Latihan Yoga

Melakukan yoga saat hamil akan membantu Anda untuk meregangkan otot serta membuat Anda lebih bugar. Saat akan melakukan latihan yoga, sebaiknya Anda tidak melakukan gerakan yang akan membuat Anda terlentang, karena hal tersebut akan membuat aliran darah yang menuju ke rahim turun. Selain itu, latihan ini baru bisa dilakukan setelah usia kehamilan Anda 14 minggu.

  • Latihan untuk Dasar Panggul

Saat sedang hamil, Anda mungkin akan lebih sering buang kecil saat sedang bersin atau batuk. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk melatih otot dasar panggul Anda secara teratur. Namun jika masalah ini masih berlanjut, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan.

  • Renang

Melakukan olahraga di dalam air akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan juga melindungi Anda dari cedera. Selain itu, air juga bisa membantu Anda untuk mencegah terjadinya overheating. Berenang juga akan membantu Anda untuk mengatasi rasa nyeri dan sakit saat hamil. Namun jika Anda mengalami sakit panggul atau sakit punggung, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum berenang.

LEAVE A REPLY