Foto Manfaat Olahraga Bagi Wanita Hamil Oleh Kesehatan SegiEmpatKehamilan bukanlah saat dimana Anda harus berhenti beraktivitas secara total dan hanya berdiam diri di rumah saja. Sebab hal itu justru akan membuat seluruh badan menjadi kaku dan sakit justru saat digerakkan. Oleh sebab itu, selama masa kehamilan, wanita hamil begitu disarankan untuk melakukan beberapa jenis olahraga yang ringan seperti berjalan-jalan kaki perlahan di sekitar rumah, melakukan senam hamil, yoga, berenang, dan jenis-jenis olahraga lainnya yang disarankan oleh dokter ahli. Lantas sebenarnya, mengapa wanita hamil disarankan untuk berolahraga? Ada kah manfaat yang bisa didapatkan oleh wanita hamil dari berolahraga? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

1.  Meningkatkan Energi Tubuh

Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari olahraga pada masa kehamilan adalah peningkatan energi yang cukup signifikan. Seperti yang kita ketahui, masa kehamilan merupakan masa dimana kita akan membutuhkan lebih banyak energi untuk bergerak, berjalan, berpikir, dan lain sebagainya. Bahkan, energi yang berlipat akan dibutuhkan untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas yang dibebankan pada kita. Bukan hanya itu, olahraga juga diketahui dapat memperkuat sistem kardio viskular yang membuat Anda tak mudah lelah. Sebab, dengan otot yang lebih kuat dan terbentul, maka Anda tak akan membutuhkan usaha yang berlebihan untuk melakukan berbagai macam aktivitas selama satu hari penuh, bahkan hanya untuk duduk dalam jangka waktu tertentu. Guna mendapatkan asupan energi, maka Anda dapat melakukan beberapa olahraga ringan yang aman dan dianjurkan oleh dokter ahli semala 30 menit setiap harinya selama kondisi Anda benar-benar stabil dan dianjurkan oleh dokter. Selama kehamilan, Anda juga diharuskan untuk terus berkonsultasi secara rutin pada dokter atau bidan untuk mengetahui jenis aktivitas apa saja yang dapat Anda lakukan selama masa kehamilan.

 

2. Membuat Tidur Menjadi Lebih Baik

Bukan hanya mampu membantu meningkatkan energi tubuh, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Seperti yang Anda ketahui, beban yang harus Anda pikul di bagian depan tubuh bisa saja mencapai sekitar 7 kilogram atau lebih sehingga membuat Anda agak kesulitan menemukan posisi tidur yang tepat. Oleh sebab itu, tugas olahraga di sini adalah membantu menjadikan tidur Anda menjadi lebih lelap.

 

3. Mengurangi Rasa Tak Nyaman Selama Masa Kehamilan

Selain mampu meningkatkan energi dalam tubuh dan kualitas tidur, olahraga pada masa kehamilan juga dapat meregangkan dan memperkuat otot-otot tubuh sehingga tubuh Anda bisa bekerjasama dengan lebih baik untuk mengurangi rasa sakit yang kerap dirasakan selama masa kehamilan. Umumnya, peragangan yang Anda lakukan mampu mengurangi rasa sakit pada bagian punggung yang selama ini telah menopang beban besar di bagian depan tubuh Anda. Bukan hanya peregangan, melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan kaki santai juga mampu membantu meningkatkan sirkulasi tubuh. Selain itu, melakukan olahraga renang akan membantu Anda menguatkan otot-otot abdomen.

LEAVE A REPLY