memenuhi nutrisi ibu hamil saat puasa oleh Hamil SegiEmpatMemenuhi nutrisi untuk ibu hamil saat puasa adalah hal yang harus diketahui oleh Ibu hamil yang sedang menjalankan ibadah puasa untuk menjaga kesehatan janin yang berada dalam kandungannya. Pentingnya memenuhi nutrisi pada Ibu hamil akan membantu Ibu untuk memenuhi gizinya sehingga dapat mencegah terjadi gangguan janin, komplikasi kehamilan dan membantu perkembangan janin.

Sebenarnya Ibu hamil tidak diwajibkan untuk berpuasa di bulan Ramadhan dengan alasan kesehatan, baik untuk dia ataupun janin yang berada dalam kandungannya. Namun masih ada juga Ibu hamil yang ingin berpuasa di bulan Ramadhan. Hal ini bisa dilakukan asalkan Ibu dan janin yang berada dalam kandungannya sehat. Selain itu, Ibu hamil juga harus tetap menjaga kecukupan nutrisinya agar dia dan janin yang berada dalam kandungannya bisa tetap sehat.

Berikut ini adalah beberapa nutrisi untuk Ibu hamil saat sahur dan berbuka puasa yang harus dipenuhi untuk mencegah terjadinya masalah kehamilan serta gangguan pada janin:

  • Kalori

Seorang Ibu hamil membutuhkan 2500 kalori setiap harinya dan hal inipun dibutuhkan saat berpuasa. Oleh karena itu, penuhilah asupan kalori ini saat sahur, buka puasa ataupun setelah Tarawih.

  • Zat Besi

Saat usia kandungan telah memasuki 4 hingga 6 bulan, Ibu hamil membutuhkan asupan zat besi sebanyak 30 mg tiap harinya untuk mencegah anemia.

  • Asam Folat

Asam folat adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh Ibu hamil untuk mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi. Dalam sehari, seorang Ibu hamil membutuhka 400 microgram asam folat. Adapun sumber asam folat alami adalah bayam, bit, kangkung, jagung dan telur.

  • Protein

Seorang Ibu hamil membutuhkan protein untuk mencegah anemia dan bayi lahir prematur. Dalam sehari, seorang Ibu hamil membutuhkan 85 gram protein. Sumber protein alami yang bisa Anda konsumsi saat sahur dan buka puasa adalah kacang-kacangan, keju, ayam dan ikan.

  • Kalsium

Seorang Ibu hamil harus memenuhi kebutuhan kalsiumnya untuk perkembanan rangka dan otot janin. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan untuk mencegah terjadinya gangguan tulang pada Ibu hamil. Anda bisa mencukupi kebutuhan kalsium dari susu khusus untuk Ibu hamil, yoghurt, sarden dan sayuran.

LEAVE A REPLY