kebutuhan nutrisi ibu hamil setiap trimester kehamilan oleh Hamil SegiEmpatKebutuhan nutrisi Ibu hamil setiap trimester kehamilan adalah informasi yang dibutuhkan oleh para wanita hamil dalam rangka perawatan kehamilan dan janin yang berada dalam kandungan. Karena perkembangan janin yang berbeda tiap minggunya membuat seorang wanita hamil juga harus mengkonsumsi nutrisi yang berbeda setiap waktu. Hal ini diperuntukkan untuk kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan janin yang berada dalam kandungannya.

Berikut ini adalah kebutuhan nutrisi Ibu hamil setiap trimester kehamilan:

  • Kebutuhan Nutrisi pada Trimester Pertama

Pada masa ini, Ibu hamil membutuhkan lebih banyak kalori untuk pertumbuhan janinnya. Karena pada masa ini, perkembangan organ penting janin begitu pesat. Selain itu, Ibu juga membutuhkan asupan karbohidrat sebanyak 2000kkal setiap harinya. Dimana karbohidrat itu bisa didapatkan dari nasi, sereal, gandum dan roti. Pada minggu ke-7, janin sedang mengalami pembentukan tulang rangka sehingga Ibu harus mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti susu dan olahannya serta sayuran yang mengandung kalsium. Selain itu, sebaiknya Anda juga mengkonsumsi protein untuk pembentukan sel otak janin. Sedangkan asupan vitamin yang harus Anda penuhi adalah vitamin A, B1, B2, B3 dan B6 untuk tumbuh kembangnya, vitamin B12 untuk pembentukan sel darah, vitamin D untuk pembentukan tulang dan vitamin E untuk proses metabolisme tubuhnya.

  • Kebutuhan Nutrisi pada Trimester Kedua

Pada masa ini, janin membutuhkan lebih banyak kalori karena lbih banyak organnya yang sedang terbentuk. Anda juga harus mengkonsumsi vitamin C dan zat besi untuk mengoptimalkan pembentukan sel darah merah sehingga sistem peredaran darah dan jantungnya bisa bekerja dengan baik. Anda juga harus mengkonsumsi asam lemak omega 3 untuk mendukung perkembangan otaknya.

  • Kebutuhan Nutrisi pada Trimester ketiga

Pada masa ini, Anda tengah mempersiapkan diri untuk menyambut kelahiran bayi. Jadi pastikan kalau Anda memiliki energi yang cukup untuk proses persalinan. Pada saat ini, Anda masih harus mengkonsumsi kalori untuk memenuhi kebutuhan plasenta serta pertumbuhan jaringan janin. Anda bisa mendapatkan asupan kalori dari alpukat, kentang, mentega, minyak nabati, sereal, susu dan telur. Adapun asupan vitamin yang harus Anda penuhi adalah vitamin B1, B2 dan B3 untuk mengatur sistem energi dan pernapasannya dan vitamin B6 untuk pembentukan senyawa kimia pada sel saraf. Pada masa ini, Anda juga harus memenuhi kebutuhan yodium untuk membantu proses perkembangannya dan menurunkan kemungkinan untuk terjadinya hambatan perkembangan otak dan tinggi tubuh. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air putih.

LEAVE A REPLY