ibu hamil memilih aromaterapi oleh Hamil SegiEmpatSaat sedang hamil, seringkali Ibu mengalami berbagai masalah kesehatan. Yang paling sering adalah mual. Masalah mual dan muntah ini seringkali terjadi pada trimester pertama kehamilan. Selain itu, masih banyak masalah lainnya yang sering dialami oleh Ibu hamil, salah satunya adalah pegal. Untuk mengatasi ini, Ibu hamil bisa menggunakan aromaterapi. Namun Ibu harus memilih aromaterapi yang tepat agar masalah yang Ibu alami bisa teratasi.

Berikut ini adalah tips memilih aromaterapi untuk Ibu hamil:

  • Jika Ibu Mengalami Morning Sickness Sehingga Mual dan Pusing

Jika Ibu mengalami masalah seperti ini, maka Ibu butuh aroma yang bisa memberikan kesegaran dan relaksasi. Untuk hal ini, Ibu bisa menggunakan aroma lavender atau teh.

  • Jika Ibu Terus Mual

Pada saat seperti ini, Ibu membutuhkan sesuatu yang beraroma segar seperti lemon, grapefruit, jeruk dan bergamot. Aroma ini bisa menghilangkan mual. Sebagai tambahan, Anda bisa menambahkan minyak zaitun dan mengusapkannya pada perut Anda.

  • Jika Ibu Mual yang Disertai Sakit Kepala

Jika Ibu mengalami masalah seperti ini, siapkan air panas dalam sebuah wadah dan masukkan setetes peppermint dan setetes aroma Lavender di dalamnya lalu hirup uapnya. Selain itu, air panas ini bisa Ibu gunakan untuk mengompres kepala yang sakit.

  • Jika Ibu Mengalami Pusing yang Disertai Gejala Flu

Jika Ibu mengalami hal ini, siapkan segelas air panas dan masukkan setetes minyak kayu putih dan 3 tetes aroma Lavender lalu hirup uapnya dalam-dalam. Aroma ini akan membantu untuk mengatasi pusing.

  • Tubuh Pegal-Pegal dan Kaki Bengkak

Jika Ibu merasa pegal, Ibu bisa menggunakan aroma lemon, lavender, geranium dan cypress. Ibu bisa menggunakan aroma ini untuk berendam dengan cara memasukkannya ke dalam air panas sebanyak 2 hingga 3 tetes. Sedangkan untuk kaki bengkak, Ibu bisa mencampurkan setetes minyak zaitun pada aroma tersebut dan gunakan untuk memijat kaki.

  • Agar Tubuh Lebih Segar

Saat Ibu akan mandi, masukkan 3 hingga 4 tetes aroma lavender ke dalam bak mandi lalu berendamlah di dalamnya selama 2 hingga 5 menit. Selain itu, Ibu juga menggunakan cairan tadi untuk mencuci muka.

Meski demikian, ada juga beberapa aromaterapi yang sebaiknya Ibu hindari seperti fennel, kemangi, myrrh, parslet, sage dan thyme. Karena aromaterapi tersebut dapat menyebabkan keguguran.

LEAVE A REPLY