menjaga kehamilan trimester pertama oleh Hamil SegiEmpatSaat mengetahui bahwa Anda sedang hamil, Anda pasti akan merasa sangat senang dan gembira. Karena sebentar lagi Anda akan kedatangan seorang bayi lucu dalam hidup Anda. Namun pada masa ini juga Anda harus lebih berhati-hati. Karena trimester pertama kehamilan adalah saat yang paling rawan untuk mengalami keguguran.

Hal ini mungkin akan menjadi hal yang cukup sulit untuk Anda mengingat bahwa Anda sudah memiliki kebiasaan, gaya hidup, pola makan dan pola kerja yang telah terbentuk sehingga Anda mungkin akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Selain itu, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah dengan segera mengunjungi dokter jika Anda merasa bahwa ada yang tidak normal dalam kehamilan Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kehamilan pada trimester pertama :

  • Menjadwalkan Pola Kerja

Saat sedang hamil, wanita karir mungkin akan memerlukan berbagai penyesuaian pada dirinya, baik itu dari segi fisik maupun psikologisnya. Oleh karena itu, bagi Anda wanita karir yang sedang hamil, sebaiknya Anda menghindari pekerjaan yang akan membuat Anda menjadi terlalu lelah ataupun yang bisa membuat Anda stres. Karena kedua hal ini menjadi salah satu penyebab terjadinya keguguran saat hamil muda.

  • Menjaga Asupan Nutrisi

Trimester pertama adalah saat dimana ibu akan sering mengalami morning sickness. Hal ini tentu akan menimbulkan masalah tersendiri bagi ibu yang harus memenuhi kebutuhan gizinya dan juga janinnya. Karena pada saat ini, ibu akan malas untuk makan. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda tetap mengkonsumsi makanan bergizi pada trimester pertama kehamilan serta menghindari asupan makanan yang mengandung kafein, pengawet dan berbagai zat lain yang bisa membahayakan Anda dan janin. Anda bisa mendapatkan tips untuk mengatasi malas makan saat hamil disini.

  • Mencegah Emosi Berlebihan

Karena ketidakseimbangan hormon saat hamil, maka banyak ibu hamil muda yang akan lebih cepat marah ataupun sedih saat hamil. Padahal hal ini bisa menyebabkan masalah kehamilan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mencari cara untuk membuat diri lebih rileks pada trimester pertama kehamilan.

  • Tetap Berkonsultasi dengan Ahli Medis

Memeriksakan diri saat hamil adalah hal yang wajib dilakukan. Namun melakukan pemeriksaan kehamilan pada trimester pertama kehamilan sangatlah penting karena dari sana Anda bisa mendeteksi ketidaknormalan janin sejak dini sehingga Anda bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, jika Anda mengalami berbagai masalah kehamilan pada trimester pertama seperti rasa mual dan muntah yang berlebihan, pendarahan pada organ intim, demam tinggi atau keputihan yang tidak normal, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan atau bidan.

LEAVE A REPLY