manfaat olahraga ibu hamil oleh Hamil SegiEmpatOlahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, termasuk pada ibu hamil. Oleh karena itu, seorang ibu hamil disarankan untuk tetap melakukan olahraga saat hamil agar kesehatan ibu hamil dan janin yang berada di dalam kandungannya tetap terjaga.

Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga untuk ibu hamil :

  • Mengurangi Rasa Mual dan Muntah

Salah satu cara untuk mengatasi mual dan muntah yang sering terjadi pada seorang wanita yang sedang hamil muda adalah dengan melakukan diet yang sehat dan olahraga secara teratur. Oleh karenai itu, sebaiknya Anda menerapkan pola hidup sehat saat hamil.

  • Menjaga Berat Badan

Dengan rutin berolahraga saat hamil, maka Anda bisa memperbaiki postur tubuh Anda saat sedang hamil. Dengan begini, maka janin yang berada dalam rahim Anda mendapatkan lebih banyak tempat untuk bisa tumbuh. Hal ini juga akan membuat Anda merasa nyaman saat akan melahirkan.

  • Meningkatkan Aliran Darah

Dengan rutin berolahraga saat hamil, maka aliran darah yang menuju ke plasenta akan lebih lancar. Dengan begini, maka pertumbuhan plasenta dan juga perkembangan janin dalam kandungan akan lebih baik.

  • Mengatasi Masalah Sembelit

Salah satu masalah yang sering terjadi pada ibu hamil adalah susah buang air besar atau sembelit. Namun, Anda bisa mengatasi hal ini dengan cara rajin berolahraga dan juga memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

  • Mengatur Hormon

Saat sedang hamil, maka tubuh Anda akan mengalami peningkatan hormon. Hal ini bisa saja menyebabkan masalah komplikasi pada ibu ataupun janinnya. Namun dengan melakukan yoga secara teratur, maka Anda bisa mengendalikan hormon dalam tubuh.

  • Mengurangi Kelelahan

Pada trimester pertama kehamilan, seringkali seorang wanita akan mengalami kelelahan. Namun dengan rutin berolahraga, maka tubuh akan memproduksi hormon endorfin sehingga bisa mengurangi rasa lelah dan meningkatkan tenaga ibu.

  • Meningkatkan Peluang Persalinan Normal

Dengan rajin berolahraga saat hamil, maka pasti Anda akan menjadi semakin kuat. Hal itulah yang kemudian akan membuat Anda lebih berpeluang untuk bisa melahirkan secara normal karena tubuh Anda sudah lebih kuat dan bugar. Manfaat lain yang akan Anda peroleh adalah, Anda bisa lebih cepat pulih setelah melahirkan.

LEAVE A REPLY