memperkenalkan MP ASI pada bayi oleh Hamil SegiEmpatASI adalah makanan terbaik untuk bayi dan sebaiknya diberikan hingga bayi berusia 2 tahun. Namun setelah bayi berusia 6 bulan, sebaiknya Anda memberinya makanan tambahan. Namun seringkali sulit untuk memperkenalkan MP ASI pada bayi. Selain karena sudah merasa nyaman dengan ASI, seringkali bayi juga tidak suka dengan tekstur dan rasa makanan. Hal inilah yang seringkali dikeluhkan oleh para Ibu.

Namun Ibu tidak perlu khawatir karena beberapa tips dibawah ini akan membantu Ibu dalam menghadapi bayi yang seringkali menolak untuk diberikan makanan pendamping. Berikut ini adalah tips memperkenalkan MP ASI pada bayi:

Tips Balita

  • Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah sistem pencernaan bayi belum sempurna seperti layaknya orang dewasa. Oleh karena itu, pastikan kalau Anda lebih selektif dalam memilih makanan untuknya agar dia tidak mengalami perut kembung atau sembelit.
  • Selain itu, pastikan juga kalau Anda memberikan MP ASI secara bertahap, baik dari segi tekstur, porsi dan juga jenis makannya. Pastikan kalau Anda memperhatikan kesiapan rahang, gusi dan pencernaan bayi dalam memberikan makanan. Anda bisa mulai memberikan makanan semi padat. Setelah giginya tumbuh, Anda bisa mulai memberikan makanan padat. Anda juga bisa mulai menambahkan porsinya satu demi satu sendok sesuai dengan usianya.
  • Sebaiknya Anda mengenalkan satu jenis makanan saja pada awalnya, misalnya pepaya, pisang atau alpukat. Setelah itu, perhatikan reaksinya. Jika dia tidak suka atau menolak, sebaiknya Anda tidak memaksanya dan memberikan jenis makanan lain. Anda bisa mulai mencampurkan buah pada ujung lidah dan sayuran pada tengah lidahnya. Dengan begitu, Anda bisa memperkenalkan sayuran dan membuatnya menyukainya.
  • Jika bayi masih berusia 6 hingga 9 bulan, sebaiknya Anda memberikan makanan dengan tekstur lembut dan cair seperti bubur susu, bubur buah atau bubur sayuran yang telah dihaluskan. Jika usianya telah mencapai 10 hingga 12 bulan, Anda bisa mulai memberikannya makanan padat dan kental namun dengan tekstur yang lunak seperti nasi tim. Setelah bayi berusia 1 tahun, Anda bisa mulai memberikannya makanan padat namun dengan rasa yang dia sukai.
  • Pastikan juga kalau Anda tidak memberikan makanan yang bisa mengakibatkan masalah pada pencernaannya seperti makanan berlemak, pedas, berbumbu tajam atau terlalu asam. Ketika bayi telah berusia 1 tahun, Anda juga bisa mulai memberikannya makanan yang bisa dipegang seperti potongan buah dan sayur, cookies atau nugget yang bisa melatih keterampilannya memegang serta merangsang pertumbuhan giginya.

LEAVE A REPLY