perbedaan kehamilan kedua oleh Hamil SegiEmpatKetika mendapatkan kehamilan untuk pertama kalinya, maka biasanya ibu akan lebih sering merasa cemas dan khawatir padahal hal ini justru akan menimbulkan masalah pada janin. Namun ketika memasuki kehamilan kedua, maka ibu akan merasakan hal yang berbeda. Dimana ibu akan merasa lebih nyaman dan tenang. Hal ini biasanya terjadi karena ibu telah mendapatkan pengalaman dari kehamilan sebelumnya. Meski demikian, masih ada saja ibu yang merasa khawatir saat dia kembali hamil. Hal ini biasanya terjadi karena pertambahan usia ibu, pertambahan berat badan, perubahan hormon serta berbagai masalah kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan yang paling nampak diantara kehamilan pertama dan kedua :

  • Terlalu Cepat Mengalami Perubahan Fisik

Seorang ibu yang hamil untuk kedua kalinya biasanay akan mengalami lebih banyak kenaikan berat badan serta, lebih sering mengalami sakit pinggang dan juga lebih beresiko untuk mengalami varises.

  • Lebih Cepat Menjalani Kehamilan

Karena kesibukan dalam merawat serta memperhatikan anak pertama, maka banyak ibu yang merasa bahwa masa kehamilan keduanya lebih cepat. Padahal sebenarnya masa kehamilan pertama sama dengan kehamilan kedua.

  • Janin Lebih Cepat Bergerak

Hal lain yang sering terjadi pada kehamilan kedua adalah janin yang lebih cepat bergerak. Jika pada kehamilan pertama janin akan mulai menendang saat usia kandungan lima bulan, maka pada kehamilan kedua bayi sudah akan mulai menendang saat usia kandungan empat bulan. Hal ini biasanya terjadi karena ibu yang sudah lebih sensitif dalam merasakan gerakan dan tendangan dari janin yang berada di dalam kandungannya.

  • Lebih Mudah Saat Akan Melahirkan

Karena telah berpengalaman dalam melewati proses persalinan, maka biasanya ibu akan lebih mudah menjalani proses persalinan pada kehamilan kedua. Hal ini biasanya terjadi karena ibu sudah lebih siap dalam mempersiapkan mentalnya menjelang persalinan. Oleh karena itu, carilah dan belajarlah dari pengalaman-pengalaman Anda pada proses persalinan pertama. Setelah itu, cobalah untuk mencari cara untuk mengatasinya. Setelah Anda mendapatkan solusinya, praktekkanlah agar Anda bisa mengatasi masalah yang pernah terjadi.

LEAVE A REPLY