gangguan tiroid saat melahirkan oleh Hamil SegiEmpatGangguan tiroid atau yang lebih dikenal dengan gondok adalah suatu keadaaan dimana leher bagian depan mengalami pembengkakan. Hal ini biasanya terjadi karena tidak normalnya pertumbuhan kelenjar gondok.

Salah satu hal yang bisa menyebabkan terjadinya gondok adalah tubuh yang kekurangan asupan yodium. Selain gondok, beberapa masalah lain yang bisa terjadi karena kekurangan yodium saat hamil adalah janin yang meninggal, bayi yang lahir dengan cacat telinga (tuli) ataupun anak yang mengalami keterbelakangan mental.

Gangguan tirod lebih rentan dialami oleh wanita daripada pria dan akan semakin meningkat saat seorang wanita melahirkan. Salah satu hal yang menyebabkan hal itu adalah faktor hormonal.

Kelenjar tiroid sendiri adalah kelenjar yang berbentuk kupu-kupu dan terletak di leher bagian depat. Adapun fungsi dari tiroid adalah mengatur kecepatan tubuh dalam melakukan pembakaran energi, mengatur hormon lain serta menghasilkan protein.

Ada 10 persen dari ibu yang melahirkan normal yang mengalami pembesaran pada leher dan mereka menyangka bahwa hal tersebut adalah efek samping dari mengejan. Padahal sebenarnya, hal tersebut terjadi karena perubahan hormonal saat hamil. Hal inilah yang membuat banyak ibu yang tidak mau melahirkan normal, karena takut mengalami pembengkakan pada lehernya.

Selain masalah hormonal, hal lain yang bisa menyebabkan terjadinya masalah tiroid pada wanita hamil adalah terjadinya reaksi autoimun saat hami. Saat sedang hamil, sistem kekebalan tubuh wanita akan melakukan penyesuaian karena kehadiran janin dalam tubuhnya. Hal inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya perubahan sistem imunitas sehingga menyebabkan pembesaran pada leher. Jadi masalah pembesaran leher atau masalah tiroid bukan karena mengejan tapi karena reaksi autoimun. Meskipun hal ini hanya terjadi sementara dan bisa saja hilang ataupun menetap, tapi sebenarnya hal ini tidak berbahaya.

Jadi kesimpulannya adalah, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan pada leher bagian depan, mulai dari kekurangan zat yodium hingga gangguan autoimun. Dan masalah gangguan tiroid terjadi jika jumlah hormon tiroid dalam tubuh tidak stabil. Jika hormon tiroid kurang aktif, maka hal tersebut akan menimbulkan hipotiroid dan jika hormon tiroid terlalu aktif, maka hal tersebut akan menimbulkan hipertiroid.

LEAVE A REPLY