round ligament pada Ibu hamil oleh Hamil SegiEmpatIbu hamil memang begitu rentan untuk terkena berbagai masalah kesehatan, diantaranya adalah round ligament. Round ligament pada Ibu hamil adalah suatu keadaan dimana Ibu hamil merasakan sakit pada perut yang seperti ditusuk-tusuk. Rasa sakit yang dirasakanpun sangat tajam. Masalah kesehatan ini biasanya terjadi ketika Anda mengubah posisi tubuh, seperti ketika Anda berdiri dari tempat tidur, berdiri dari kursi, berguling di tempat tidur atau saat Anda sedang batuk.

Tidak hanya itu, round ligament pada ibu hamil juga biasanya ditandai dengan sakit pada perut bagian bawah yang terjadi cukup lama. Masalah kesehatan ini biasanya terjadi setelah Ibu melakukan aktivitas yang panjang seperti berjalan selama seharian. Ketika mengalami round ligament, Ibu akan merasakan sakit dari paha bagian bawah hingga ke pinggul.

Jika Anda terkena gangguan kesehatan ini saat sedang beraktivitas, hentikan aktivitas Anda untuk sejenak hingga Anda merasa lebih baik. Setelah Anda merasa lebih baik, lakukan kembali aktivitas Anda secara bertahap dan perlahan hingga Anda merasa benar-benar nyaman.

Anda juga bisa berbaring menyamping dengan meletakkan bantal pada bagian bawah perut dan juga di bawah kaki. Untuk meringankan rasa sakit, Anda juga mengompres perut dengan menggunakan air hangat. Namun pada dasarnya, penyakit ini hanya berlangsung selama beberapa detik dan akan menghilang ketika Anda telah mengganti posisi.

Beberapa keadaan yang mengharuskan Anda untuk segera memeriksakan diri pada dokter adalah jika Anda mengalami sakit perut yang disertai dengan kram perut lebih dari empat kali dalam satu jam. Tekanan yang meningkat pada daerah panggul dan sakit pada punggung bagian bawah. Anda juga harus segera ke dokter jika Anda mendapati bercak pada celana dalam yang seperti pendarahan yang disertai dengan sakit yang berlebihan. Tidak hanya itu, Anda juga mesti segera ke dokter jika Anda mengalami sakit perut yang disertai dengan mual, muntah, demam dan menggigil. Keadaan lain yang memaksa Anda untuk segera melakukan pemeriksaan medis adalah jika Anda mengalam perasaan terbakar yang tidak tertahankan.

Setelah melalukan pemeriksaan dan dokter menyatakan kalau Anda terkena round ligament, sebaiknya Anda lebih banyak beristirahat dan duduk ketika gejala penyakit ini muncul. Dengan begitu, maka gejalanya bisa dikurangi.

LEAVE A REPLY