penyebab keputihan pada Ibu hamil oleh Hamil SegiEmpatKeputihan adalah masalah yang sering menyerang seorang wanita. Keputihan biasanya terjadi saat seorang wanita akan mengalami menstruasi. Wanita yang akan haid akan mengalami pergolakan hormon sehingga menyebabkan keputihan. Selain karena hormon, keputihan juga bisa disebabkan oleh banyaknya pikiran, kecapean serta beberapa masalah kesehatan.

Tidak hanya itu, masalah keputihan juga sering dialami oleh wanita hamil. Penyebabkan keputihan pada Ibu hamil terjadi karena Ibu hamil mengalami berbagai perubahan hormon dalam tubuhnya. Meskipun tidak semua Ibu hamil mengalaminya, namun banyak wanita hamil yang mengalami keputihan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab keputihan pada Ibu hamil:

  • Bacterial Vaginosis

Penyebab pertama adalah bacterial vaginosis. Bakter ini biasanya berada pada Ibu hamil yang pernah melahirkan prematur atau pernah keguguran. Bakteri inilah yang kemudian tinggal pada vagina sehingga membuat Ibu mengalami keputihan saat hamil.

  • Candidiasis

Jamur ini juga merupakan salah satu jamur yang bisa menyebabkan keputihan. Jamur ini dapat menyebabkan infeksi pada kelamin wanita, termasuk pada Ibu hamil sehingga membuatnya mengalami keputihan. Sebanyak 30 hingga 34 persen wanita hamil memiliki resiko untuk mengalami infeksi dari candidiasis asymptotic atau infeksi ragi. Infeksi ini dapat menyebabkan terjadinya keputihan dalam masa kehamilan. Namun infeksi ini tidak membahayakan janin yang terdapat dalam kandungan.

  • Sering Melakukan Screening

Meskipun screening diperlukan untuk mengetahui adanya penyakit di dalam tubuh, sebaiknya Anda tidak melakukan ini secara rutin. Karena sebenarnya ahli medis tidak menyarankan untuk melakukan kegiatan ini secara rutin. Selain itu, Ibu yang memiliki masalah kehamilan atau pernah mengalami keguguran pada kehamilan sebelumnya tidak disarankan untuk rutin melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan ini. Karena aktivitas ini dapat menyebabkan keputihan.

  • Trichomonas Vaginalis

Bakteri yang satu ini juga akan meningkat jumlahnta ketika Anda hamil. Peningkatan jumlah bakteri ini kemudian akan meningkatkan resiko terjadinya keputihan. Bakteri ini biasanya akan menyerang Ibu yang melahirkan bayi dengan berat badan rendah atau bayi yang lahir prematur.

Oleh karena itu ada baiknya jika Anda rutin melakukan pemeriksaan kepada dokter kandungan, terutama ketika Anda telah mengalami keguguran, melahirkan secara prematur atau bayi yang memiliki berat badan rendah untuk menurunkan resiko terjadinya keputihan.

LEAVE A REPLY