penyebab anemia ibu hamil oleh Hamil SegiEmpatAda banyak perubahan yang terjadi pada ibu hamil, salah satunya ibu yang lebih rentan untuk mengalami anemia atau kurang darah. Adapun beberapa hal yang menyebabkan ibu mengalami anemia saat hamil adalah :

  • Kekurangan Zat Besi

Saat sedang hamil, seorang wanita membutuhkan zat besi yang lebih banyak daripada sebelumnya. Hal ini terjadi karena janin dalam kandungan juga membutuhkan zat besi untuk perkembangannya. Jika sebelum hamil ibu hanya membutuhkan 15 mg zat besi tiap hari, maka setelah hamil ibu telah membutuhkan 30 mg zat besi tiap hari. Yang menjadi masalah adalah sebagian besar wanita tidak bisa memenuhi kebutuhan zat besi tersebut karena sebagian dari zat besi tersebut akan keluar saat seorang wanita mengalami menstruasi. Selain itu, masalah kekurangan zat besi juga bisa terjadi jika sebelumnya ibu hamil melakukan diet ketat sehingga membuatnya tidak memiliki persediaan zat besi yang cukup selama masa kehamilannya. Oleh karena itu sangat penting bagi seorang ibu untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Bila perlu, mengkonsumsi suplemen yang mengandung zat besi.

  • Menurunnya Kadar Hemoglobin

Selain kekurangan zat besi, hal lain yang bisa menyebabkan anemia pada ibu hamil adalah terjadinya penurunan kadar hemoglobin. Selama masa kehamilan, penurunan kadar hemoglobin darah terjadi karena terjadi peningkatan volume plasma darah.

Saat trimester pertama kehamilan, volume plasma darah mengalami peningkatan yang lebih cepat daripada volume dari sel darah merah. Hal inilah yang membuat volume sel darah merah terus mengalami penurunan. Hal ini kemudian diperparah dengan kekurangan zat besi yang terjadi pada ibu. Karena zat besi adalah zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Jadi dengan kata lain kekurangan zat besi akan menyebabkan menurunnya produksi sel darah merah, yang kemudian akan menyebabkan penurunan kadar hemoglobin dalam darah.

  • Penurunan Jumlah Darah yang Berlebihan

Saat ibu mengalami penurunan jumlah darah yang berlebihan, yang biasanya terjadi karena pendarahan dari pembedahan atau cedera ; kekurangan asam folat, yang merupakan zat yang diperlukan dalam produksi sel darah merah serta penyakit kronis seperti infeksi atau penyakit ginjal, maka ibu akan berpotensi terkena anemia.

Anda bisa mengetahui cara menghindari anemia saat hamil disini.

LEAVE A REPLY