penyakit ibu hamil yang bisa menular pada janin oleh Hamil SegiEmpatSangat penting bagi ibu hamil untuk selalu menjaga kesehatannya. Karena ada beberapa penyakit ibu hamil yang bisa menular pada janin yang dikandungnya. Oleh karena itu, ibu hamil harus selalu mencukupi kebutuhan gizinya, melakukan olahraga dan juga mendapatkan istirahat yang cukup agar janinnya bisa berkembang dengan sehat.

Berikut ini adalah beberapa penyakit ibu hamil yang bisa menular pada anaknya :

  • Hepatitis B adalah Penyakit Ibu Hamil yang Bisa Menular pada Janinnya

Hepatitis B adalah salah satu penyakit yang bisa menular pada janin. Penyakit ini terjadi karena ada virus yang menginfeksi organ hati. Gejala awal penyakit ini adalah demam, mual, perut bagian kanan mengalami pembenkakan dan juga nyeri pad sendiri. Jika dibiarkan, maka mata dan kulit akan berwarna kuning, lalu air seni menjadi sangat pekat.

  • Siphilis

Penyakit lain yang bisa menular adalah siphilis. Penyakit ini bisa membuat janin mengalami perkembangan, lahir dengan berat yang kurang atau bahkan kematian janin. Penyakit ini ditularkan kepada bayi melalui darah ibu yang telah terinfeksi oleh bakteri. Adapun penyebab dari penyakit ini adalah ibu yang sering berganti pasangan.

  • HIV / AID

Penyakit ini adalah penyakit yang paling ditakuti karena belum ada obat yang bisa menyembuhkannya secara keseluruhan. Obat yang ada hanya bisa membuat virus lebih lambat berkembang sehingga tidak bisa menyerang tubuh penderitanya. Penyakit AIDS adalah penyakit yang menyebabkan sistem imunitas tubuh terganggu. Adapun penyebab dari penyakit AIDS adalah virus HIV.

Bagi ibu yang mengalami penyakit ini, sebaiknya ibu sangat berhati-hati. Karena penyakit ini memiliki resiko sebesar 99% untuk menular kepada janin. Adapun cara penularan dari penyakit AIDS adalah  sirkulasi darah yang terjadi saat kehamilan, saat ibu melakukan persalinan dan saat ibu penderita AIDS memberikan ASI pada bayinya.

Hal ini pastialh sangat mengkhawatirkan, karena seorang anak kecil yang belum bisa menahan apa-apa, sudah harus memiliki virus yang sangat berbahaya dalam tubuhnya. Adapun gejala dari penyakit AIDS adalah imunitas tubuh yang semakin melemah sehingga ibu sangat rentan untuk terkena penyakit seperti kanker, infeksi saluran pencernaan atau penyakit saraf.

LEAVE A REPLY